IMPLEMENTASI PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL


Reyna Putri Aditya, 6411416032 (2021) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL] PDF (IMPLEMENTASI PELAKSANAAN POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SRONDOL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada Tahun 2018, Puskesmas Srondol memiliki cakupan lansia paling rendah di Kota Semarang. Dengan cakupan lansia sebesar 13,10% sedangkan targer renstra Dinas Kesehatan sebesar 70%. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelaksanaan Program Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Srondol. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Informan utama berjumlah 5 orang dan informan triangulasi berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi program posyandu lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Srondol dari aspek komunikasi sudah baik, sumber daya manusia, kewenangan, sarana dan fasilitas sudah cukup baik. Kendala dalam pelaksanaan posyandu lansia di Wilayah kerja Puskesmas Srondol adalah minimnya aggaran dan SOP yang belum terlaksana sepenuhnya. Saran untuk penelitian ini adalah agar pelaksanaan kegiatan posyandu lansia dapat dilaksanakan sesuai SOP. Untuk desa/kelurahan agar mendukung pelaksanaan program posyandu lansia baik dari unsur materil maupun imateril.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Posyandu Lanjut Usia (Lansia)
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:40
Last Modified: 28 Jul 2022 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50719

Actions (login required)

View Item View Item