E-BOOKLET BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA PEMBELAJARAN KIMIA HIDROLISIS UNTUK MENGANALISIS HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA


Ferrina Nurul Andriani, 4301417014 (2021) E-BOOKLET BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA PEMBELAJARAN KIMIA HIDROLISIS UNTUK MENGANALISIS HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417014 - Ferrina Nurul Andriani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran di SMA 1 Bae Kudus belum dikembangkan, bahan ajar yang digunakan merupakan buku paket yang dirasa kurang dalam pemahaman peserta didik. Sebanyak 70% peserta didik menyukai media pembelajaran dalam bentuk gambar dan tulisan yang menarik serta ringkas. Pengembangan media e-booklet dibutuhkan untuk membantu permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan menganalisis hasil belajar dan minat wirausaha peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Hasil validasi terhadap e-booklet komponen materi dan media berturut-turut memiliki skor 66 dengan kategori sangat valid dan 102 dengan kategori valid. Tanggapan positif terhadap e-booklet yang dikembangkan yaitu 21,18% memberi tanggapan sangat baik dan 78,82% memberi tanggapan baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif sebesar 78,02 yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), aspek afektif termasuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 18,02, dan aspek psikomotorik termasuk dalam kategori tinggi yaitu 17,27. Minat wirausaha peserta didik setelah menggunakan e-booklet Hidrolisis berbasis CEP termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pengembangan e-booklet Hidrolisis berbasis CEP valid dan mendapatkan tanggapan positif peserta didik, serta hasil belajar dan tingkat minat wirausaha dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: chemoentrepreneurship, hasil belajar, minat wirausaha
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:19
Last Modified: 28 Jul 2022 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50714

Actions (login required)

View Item View Item