Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP Negeri 3 Teras


Anik Retnowati, 2008 (2008) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP Negeri 3 Teras. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP Negeri 3 Teras]
Preview
PDF (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP Negeri 3 Teras) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Retnowati, Anik. 2008. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di SMP Negeri 3 Teras. Drs. Ibnul Mubarok dan Dra. Endah Peniati, M.Si. Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran biologi di SMP N 3 Teras, hasil belajar IPA biologi kelas VIIIA tahun ajaran 2008/2009 belum tuntas secara klasikal yaitu masih di bawah nilai ketuntasan ≥63. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran masih kurang. Selama ini metode yang digunakan oleh guru biologi SMP N 3 Teras kebanyakan menjelaskan materi dan kurangnya interaksi serta aktivitas siswa. Upaya mengatasi hal tersebut dengan pembelajaran melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) model Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Pembelajaran menggunakan sumber belajar berupa sampel proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dari lingkungan sekitar. Pembagian kelompok berbeda pada setiap siklusnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan angket kepada siswa. Indikator dari penelitian ini yaitu peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa hingga sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai keaktivan kategori cukup dan 75% siswa mencapai KKM, artinya siswa mendapatkan nilai ≥63 sebanyak 75% dari seluruh siswa kelas VIII A SMP N 3 Teras. Sekurang-kurangnya 75% siswa menyatakan suka dengan pembelajaran melalui pendekatan JAS model GI. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I aktivitas dan hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal sebesar 63% dan 73%. Siklus II sebesar 83% dan 755. Siklus III sebesar 100% dan 85%. Siswa tertarik dengan pembelajaran yang diterapkan, hal ini dapat dilihat dari hasil angket siswa pada siklus I, II, dan III yang memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran melalui pendekatan JAS model GI. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pendekatan JAS model GIpada konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di SMP N 3 Teras dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Group Investigation (GI)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2011 06:44
Last Modified: 30 Sep 2011 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5071

Actions (login required)

View Item View Item