POTENSI PENGEMBANGAN OLAHRAGA PARALAYANG DI KEBUN TEH JAMUS NGAWI


Ridwan Jenjang Perkasa, 6211416001 (2021) POTENSI PENGEMBANGAN OLAHRAGA PARALAYANG DI KEBUN TEH JAMUS NGAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POTENSI PENGEMBANGAN OLAHRAGA PARALAYANG DI KEBUN TEH JAMUS NGAWI] PDF (POTENSI PENGEMBANGAN OLAHRAGA PARALAYANG DI KEBUN TEH JAMUS NGAWI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

perkebunan teh Jamus yang terletak di lereng Gunung Lawu sebelah utara, atau tepatnya di Desa Girikerto Kecamatan Sine kearah Barat daya kota Ngawi. Obyek wisata ini dikelola oleh PT. Candi Loka yang memproduksi teh dan air mineral Jamus. Rumusan masalah yang diuraikan dalam penelitian ini adalah; Bagaimana potensi sumber daya alam olahraga paralayang di PT. Candi Loka Kebun Teh Jamus, Bagaimana potensi sumber daya manusia olahraga paralayang di PT. Candi Loka Kebun Teh Jamus. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif data yang terkumpul berbentuk tulisan catatan maupun dokumentasi. Lokasi penelitian diambil dari PT. Candi Loka Kebun Teh Jamus.. Narasumber pertama penelitian ini dari Pemilik lahan. Narasumber kedua dari Masyarakat. Narasumber ketiga dari Pengunjung. Narasumber keempat dari Stakeholder. Sumber data yaitu data primer yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian melalui tahap wawancara dan data sekunder yang berupa catatan-catatan, undang-undang maupun dokumen.Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kebun Teh Jamus bisa berpotensi dimana dari segi geografis, demografis, dan komponen pariwisata dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata olahraga paralayang. Untuk mewujudkan potensi pariwisata olahraga paralayang kebun teh jamus harus bisa mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas supaya dapat meningkatkan pendapatan, kerja yang produktif dan kesejahteraan masyarakat. Simpulan penelitian ini adalah Kebun teh jamus memiliki potensi untuk dijadikan pariwisata olahraga paralayang dan dapat dikembangkan lebih luas lagi, untuk Pengelolaan pariwisata olahraga paralayang Kebun teh Jamus masih belum di kelola dengan optimal. Lebih lanjut, masih ada kendala dalam pengembangan pariwisata olahraga paralayang, sehingga diperlukan perbaikan dalam hal SDM tata kelola (manajerial) pariwisata olahraga paralayang, infrastruktur, dan sarana prasana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kebun Teh Jamus, Olahraga Paralayang, SOP Paralayang.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:21
Last Modified: 28 Jul 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50687

Actions (login required)

View Item View Item