PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENEGAH PERTAMA


Heni Ratna Purwaningsih, 4101416123 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENEGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416123 - HENI RATNA PURWANINGSIH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan kepada siswa. Survei PISA 2018 menunjukkan bahwa nilai matematika siswa indonesia mengalami penurunan dari PISA 2015. Hasil observasi dan wawancara di SMP N 2 Pulokulon menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih perlu untuk dioptimalkan. LKS berbasis Guided Discovery dengan Pendekatan Saintifik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kevalidan LKS berbasis guided discovery dengan pendekatan sanitifik untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, (2) kepraktisan LKS guided discovery dengan pendekatan saintifik terhadap kemampun koneksi matematis siswa, dan (3) keefektifan LKS berbasis guided discovery dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D)dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Pulokulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS berbasis guided discovery dengan pendekatan saintifik memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan berdasarkan skor rata-rata kualitas RPP adalah 4,4 dengan kategori sangat baik, skor rata-rata kualitas LKS adalah 4,4 dengan kategori sangat baik, dan skor rata-rata kualitas soal tes adalah 4,45 dengan kategori baik, (2) LKS berbasis guided discovery dengan pendekatan saintifik memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 3,16 dengan kategori baik dan hasil observasi pembelajaran menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran sangat baik dengan presentase 96%, dan (3) LKS berbasis guided discovery dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan presentase ketuntasan klasikal sebesar 77% dan terdapat peningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan nilai N-gain=0,54 dan termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, LKS berbasis guided discovery dengan pendekatan saintifik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Guided Discovery, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Koneksi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:06
Last Modified: 28 Jul 2022 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50682

Actions (login required)

View Item View Item