PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA HOCKEY DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2021


Naning Hasanah, 6101417067 (2021) PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA HOCKEY DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA HOCKEY DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2021] PDF (PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA HOCKEY DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga hockey baru-baru ini banyak mengalami perkembangan. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya pengadaan kejuaraan baik di tingkat provinsi Jawa Tengah maupun ditingkat nasional. Hockey Kebumen merupakan salah satu tim tangguh yang berada di Jawa Tenggah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya deretan prestasi yang diraih oleh hockey Kabupaten Kebumen baik ditingkat provinsi maupun nasional. Pencapaian prestasi tersebut tentunya melewati suatu proses pembinaan olahraga, faktor yang mempengaruhi pembinaan olahraga antara lain tahapan pembinaan prestasi yang jelas, sumber daya manusia yang berkualitas, program latihan, sarana prasarana yang memadai serta adanya pendanaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tahapan pembinaan (2) mengetahui sumber daya manusia (3) mengetahui program latihan (4) mengetahui organisasi (5) mengetahui sarana dan prasarana (6) dan mengetahui pendanaan pada olahraga hockey di Kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengkaji pembinaan prestasi cabang olahraga hockey di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta membuat laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada tahapan pembinaan di hockey Kebumen sudah bagus, mulai dari tahap pemassalan dilakukan dari usia dini, pembibitan atlet dengan baik, serta prestasi yang bagus. (2) sumber daya manusia mulai dari atlet, pelatih, pengurus sudah cukup baik, (3) program latihan yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan pembinaan prestasi dan disusun secara periodik, (4) organisasi sudah terstruktur tetapi perlu ditingkatkan lagi dalam pelaksanaan (5) sarana dan prasaran sudah cukup lengkap tetapi untuk lapangan belum standart (6) dan pendanaan didapat dari dana hibah KONI Kebumen dan iuran atlet. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran (1) Kepada pengurus hockey Kabupaten Kebumen untuk menambah pelatih fisik supaya pelatih utama fokus pada strategi dan program latihan dan pengurus untuk lebih aktif didalam kepengurusan terutama di bagian lapangan sehingga perkembangan atlet terpantau. 2) Kepada atlet untuk terus bersemangat dalam latihan, dan terus tingkatkan prestasi hockey Kebumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Olahraga hockey
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:58
Last Modified: 28 Jul 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50680

Actions (login required)

View Item View Item