MANAJEMEN ARISTA SPORT CENTER DI UNGARAN TAHUN 2018


Pungky Putra Kusuma, 6101414148 (2020) MANAJEMEN ARISTA SPORT CENTER DI UNGARAN TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN ARISTA SPORT CENTER DI UNGARAN TAHUN 2018] PDF (MANAJEMEN ARISTA SPORT CENTER DI UNGARAN TAHUN 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan sistem manajemen yang baik dalam pengelolaan Arista Sport Center akan membentuk hubungan antara manajer dengan pengunjung dan diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah manajemen yang ada di Arista Sport Center di Ungaran yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen Arista Sport Center di Ungaran tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Arista Sport Center di Ungaran yaitu di Jalan Merdeka Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat. Sasaran penelitian penelitian ini adalah pengelola, karyawan dan pengunjung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan, 1) Manajemen perencanaan di Arista Sport Center sudah berjalan dalam pengadaan fasilitas-fasilitasnya dan memiliki tujuan yang sama yaitu berbisnis serta memfasilitasi olahraga futsal dan badiminton di Arista Sport Center, 2) Manajemen pengorgasisasian Arista Sport Center masih belum memiliki struktur organisasi sehingga terjadi fungsi ganda terhadap tugas karyawan, 3) Manajemen pengarahan fasilitas pada Arista Sport Center sudah ada komunikasi antara pengelola dengan karyawan, kemudian karyawan dengan pelanggan berjalan dengan baik. Selain itu komunikasi juga berfungsi sebagai usaha promosi guna menarik pelanggan, dan 4) Manajemen pengawasan pada Arista Sport Center, pengelola selalu melakukan pemantauan baik terhadap kinerja karyawan maupun minat pelanggan (member). Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen Arista Sport center di Ungaran Tahun 2018 sudah berjalan sesuai yang diharapkan oleh pengelola berdasarkan fungsi manajemen. Saran dalam penelitian ini adalah dari aspek perencanaan, hendaknya pengelola Arista Sport Center lebih memperhatikan standar prasarana olahraga berupa bangunan gedung olahraga sesuai dengan Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 0445 Tahun 2014.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Arista Sport Center
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:52
Last Modified: 28 Jul 2022 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50678

Actions (login required)

View Item View Item