PENGARUH STRUKTUR ASET, RISIKO BISNIS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Usi Meilani, 7211417138 (2021) PENGARUH STRUKTUR ASET, RISIKO BISNIS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417138 - Usi Meilani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan perlu memperhatikan komposisi struktur modalnya. Struktur modal perusahaan berasal dari pendanaan internal dan pendanaan eksternal. Komposisi pendanaan eksternal berupa hutang yang terlalu tinggi akan mengakibatkan perusahaan memiliki risiko tinggi hingga kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh struktur aset, risiko bisnis dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal dengan menggunakan profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan properti dan real estat yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Populasi penelitian ini merupakan seluruh perusahaan properti dan real estat yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019 sebanyak 78 perusahaan. Sampel penelitian ini sebanyak 49 perusahaan dengan 147 unit analisis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi berupa data laporan keuangan perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan Moderated Regresion Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aset memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Risiko bisnis dan pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh struktur aset secara positif dan signifikan. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh risiko bisnis secara negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas tidak mampu memoderasi secara positif dan signifikan pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa struktur aset, risiko bisnis, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas mampu menjelaskan struktur modal sebanyak 10,5% sedangkan 89,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini Kesimpulan hasil penelitian ini dari enam hipotesis ada tiga hipotesis yang diterima yaitu struktur aset, profitabilitas mampu memoderasi struktur aset, profitabilitas mampu memoderasi pengaruh risiko bisnis. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan proksi lain seperti: fleksibilitas keuangan, kondisi internal perusahaan, pajak, kondisi pasar, sikap pemberi pinjaman, dan leverage operasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Struktur Aset, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:35
Last Modified: 27 Jul 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50665

Actions (login required)

View Item View Item