Penerapan Model Online Group Discussion untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa pada Kelas English for Specific Purposes


Sita Nurmasitah, - (2021) Penerapan Model Online Group Discussion untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa pada Kelas English for Specific Purposes. Jurnal Profesi Keguruan, 7 (2). pp. 151-155. ISSN p-ISSN: 2460-4399 and e-ISSN: 2528-7214.

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (220kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah paradigma baru dalam pembelajaran, yaitu dari pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Banyak halangan ataupun kendala yang harus dihadapi pada model perkuliahan daring, salah satunya adalah kurangnya partisipasi mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran English for Specific Purpose (ESP) di Jurusan PKK, Fakultas Teknik, UNNES melalui penerapan model online discussion menggunakan media WhatsApp group messenger. Penelitian dilaksanakan dan selesai dalam 2 siklus. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata partisipasi mahasiswa sebesar 50,47 % pada siklus pertama dan 74,29 % pada siklus kedua, sehingga terjadi peningkatan partisipasi belajar mahasiswa sebesar 23,82%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Online group discussion, partisipasi, WhatsApp group.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:43
Last Modified: 27 Jul 2022 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50664

Actions (login required)

View Item View Item