DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE


Lisdiana Safitri, 7211417123 (2021) DETERMINAN KUANTITAS ENVIRONMENTAL DISCLOSURE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417123 - Lisdiana Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan menjadi salah satu faktor krusial pada setiap perusahaan. Environmental disclosure merupakan bukti tanggung jawab yang dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat dan stakeholder lainnya. Faktor – faktor dalam pengungkapan lingkungan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, tipe industri, profitabilitas, umur perusahaan, kinerja lingkungan dan kepemilikan konstitusional terhadap environmental disclosure. Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Bursa Malaysia, dan Bursa Efek Thailand periode 2019 merupakan populasi dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 93 unit analisis. Pengukuran kuantitas environmental disclosure menggunakan GRI Indeks 2016. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda alat bantu analisis yang digunakan yaitu analisis IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, kinerja lingkungan yang diproksikan dengan kepemilikan sertifikasi ISO 14001, dan kepemilikan institusional berpengaruh positif secara signifikan terhadap environmental disclosure. Akan tetapi, tipe industri yang diproksikan dengan variabel dummy yaitu skor 1 untuk perusahaan high profile dan skor 0 untuk perusahaan low profile, profitabilitas yang diproksikan dengan dengan return on equity, dan umur perusahaan berpengaruh tidak berpengaruh signifikan terhadap environmental disclosure. Berdasarkan penelitian ini, perusahaan disarankan untuk meningkatkan pengungkapan lingkungan agar dapat mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas operasional perusahaan. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kebutuhan pemangku kepentingan yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Environmental Disclosure, ASEAN, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Profitabilitas, Umur Perusahaan, Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:31
Last Modified: 27 Jul 2022 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50662

Actions (login required)

View Item View Item