PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)


Sutra Dewi, 7211417008 (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417008 - Sutra Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun citra dan reputasi yang baik bagi suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan (profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan) dan Good Corporate Governance (ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial) terhadap pengungkapan CSR. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Total sampel penelitian adalah 27 perusahaan dengan 3 (tiga) tahun pengamatan sehingga hasil unit analisis berjumlah 69 unit analisis setelah dikurangi 12 data yang memiliki outlier multivariat. Data sekunder yang digunakan berupa annual report dan sustainability report yang diperoleh melalui website resmi BEI dan website resmi masing-masing perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang berupa analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR, sementara profitabilitas, leverage, proporsi komisaris independen dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Berdasarkan uji F, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen dan kepemilikan manajerial secara simultan berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Simpulan penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, proporsi komisaris independen dan kepemilikan manajerial dapat mempengaruhi pengungkapan CSR secara langsung maupun tidak langsung, sedangkan ukuran dewan komisaris tidak mampu mempengaruhi pengungkapan CSR baik secara langsung maupun tidak langsung. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan harus meningkatkan pengungkapan CSR yang sesuai dengan GRI Standards sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan. Selain itu, pemerintah sebaiknya menetapkan regulasi dengan lebih tegas dan jelas terkait pengungkapan CSR dan bagi penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel independen yang lain guna memperoleh standar pendugaan pengungkapan CSR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Pengungkapan CSR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:26
Last Modified: 27 Jul 2022 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50661

Actions (login required)

View Item View Item