PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN BANGSRI


Alifia Achwatul Ifnu, 7101416325 (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMPETENSI PEGAWAI, DAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN BANGSRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416235 - Alifia Achwatul Ifnu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan merupakan suatu hal yang tidak bisa diabaikan oleh instansi pemerintah terutama bagi penyedia jasa. Sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahaui secara simultan dan parsial kualitas pelayanan, kompetensi pegawai, dan disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Bangsri. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah melakukan pelayanan di Kecamatan Bangsri tiga kali atau lebih. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis insidental sampling (sampling insidental).Variabel yang diteliti yaitu kualitas pelayanan, kompetensi pegawai, dan disiplin kerja pegawai sebagai variabel bebas dan kepuasan masyarakat sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Persamaan regresi dilihat dari nilai F sebesar 241.271 dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0,05. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y= 0.091+0.404X1+0.797X2+0.117X3+e. Besarnya pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan, kompetensi pegawai, dan disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat sebesar 85,80%. Secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 35,52%, pengaruh kompetensi pegawai terhadap kepuasan masyarakat sebesar 58,98%, pengaruh disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat sebesar7,56%. Saran dari penelitian ini adalah peningkatan kepuasan masyarakat dapat tercapai dengan meningkatkan juga kualitas pelayanan, kompetensi pegawai, dan disiplin kerja pegawai. (1) diharapkan pegawai Kantor Kecamatan Bangsri memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan akurat sesuai dengan yang telah ditentukan. (2) Diharapkan kepala desa mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai dengan cara pelatihan ataupun workshop. (3) Diharapkan pegawai mampu meningkatkan disiplin dalam bekerja agar mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu agar masyarakat tidak menunggu lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja Pegawai, dan Kepuasan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:16
Last Modified: 27 Jul 2022 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50658

Actions (login required)

View Item View Item