IMPLEMENTASI SISTEM TANGGAP DARURAT BERDASARKAN NATIONAL FIRE PROTECTION ASSOCIATION (NFPA) 1600 DI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA KABUPATEN TANGERANG


Fairuz Nabila Asfarisya, 6411416075 (2021) IMPLEMENTASI SISTEM TANGGAP DARURAT BERDASARKAN NATIONAL FIRE PROTECTION ASSOCIATION (NFPA) 1600 DI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA KABUPATEN TANGERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416075 - Fairuz Nabila Asfarisya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bencana dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia. Setiap perusahaan memiliki potensi bencana, riset University of Minnesota menemukan, sekitar 90% perusahaan tidak dapat bangkit setelah 10 hari mengalami kerusakan critical system akibat bencana. Oleh sebab itu dibutuhkan persiapan dalam menghadapi bencana untuk meminimalisir kerugian yang terjadi dan dibutuhkan kesiapsiagaan dan manajemen tanggap darurat di perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem tanggap darurat menurut standar NFPA 1600 edisi 2019 di PT. LG Electronics Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 3 orang. Sumber informasi dalam penelitian ini menggunakan dua jenis sumber, yaitu data primer, berupa wawancara, dan data sekunder, berupa studi dokumentasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan dari 194 elemen indikator, elemen yang sesuai standar sebesar 82.5% (160 elemen) dan 17.5% (34 elemen) tidak sesuai, meliputi setengah sesuai dan tidak sesuai. Implementasi sistem tanggap darurat di PT. LG Electronics Indonesia dalam kategori baik, dalam penelitian ini, namun masih diperlukan perbaikan pada beberapa indikator. Perencanaan dalam pemulihan bencana perlu dibentuk di perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bencana; tanggap darurat; prosedur tanggap darurat; perencanaan; implementasi
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:07
Last Modified: 27 Jul 2022 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50655

Actions (login required)

View Item View Item