FAKTOR KENDALA PEMBELAJARAN TUNTAS DITENGAH PANDEMI COVID-19 OLEH GURU MATA PELAJARAN IPS KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP


Mellania Nur Mahmudah, 3601417072 (2021) FAKTOR KENDALA PEMBELAJARAN TUNTAS DITENGAH PANDEMI COVID-19 OLEH GURU MATA PELAJARAN IPS KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601417072 - Mellania NM.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara online karena adanya pandemi covid-19. Penilaian peserta didik dilaksanakan secara online dan banyak train and error dengan system yang tidak ada kepastian(tidak pasti). Belajar tuntas merupakan salah satu prinsip dari kurikulum berbasis kompetensi, termasuk kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013. Problematika yang dialami guru IPS yaitu diantaranya partisipasi peserta didik belum maksimal dalam pembelajaran ditengah pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor kendala dalam perencanaan pembelajaran tuntas ditengah pandemi covid-19 oleh guru mata pelajaran IPS Kecamatan Karangpucung, menganalisis faktor kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tuntas ditengah pandemi covid-10 oleh guru mata pelajaran IPS Kecamatan Karangpucung, menganalisis faktor kendala dalam evaluasi pembelajaran tuntas ditengah pandemi covid-19 oleh guru mata pelajaran IPS Kecamatan Karangpucung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah di SMP N 1 Karangpucung, SMP Islam Karangpucung dan MTS Nurul Huda Karangpucung. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru IPS, Kepala Sekolah, Pihak MGMP IPS Kabupaten Cilacap dan Peserta didik. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Faktor kendala yang dialami dalam perencanaan pembelajaran tuntas yaitu meliputi yaitu sarana prasarana sekolah yang masih kurang memadai, kesiapan guru dan peserta didik yang masing kurang. Faktor kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tuntas ditengah pandemi covid-19 oleh guru mata pelajaran IPS Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap yaitu tidak memiliki alat untuk belajar atau smartphone dan keterbatasan jaringan internet, kesulitan dalam memantau peserta didik ditengah pandemi covid-19 dan komunikasi antara guru dan peserta didik berkurang. Selanjutnya, Faktor kendala evaluasi pembelajaran tuntas ditengah pandemi covid-19 yaitu guru mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian pada peserta didik. Saran dalam penelitian ini yaitu memperhatikan hambatan hambatan yang akan terjadi, meminimalisisr kendala dengan cara berkonsultasi kepada ahli, tes yang dilakukan lebih diseimbangkan, melakukan sosialisasi kepada guru IPS, merealisasikan upaya yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru IPS, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Tuntas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:02
Last Modified: 27 Jul 2022 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50654

Actions (login required)

View Item View Item