IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 22 SEMARANG


Rusydi Salahuddin, 3601415012 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601415012 - Farid Shalihudin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SMP Negeri 22 Semarang merupakan salah satu sekolah yang sudah maju serta menjadi sekolah yang favorit di kalangan masyarakat Gunungpati, Semarang. Pembelajaran IPS di SMP Negeri 22 Semarang, kenyataannya belum sesuai harapan. Observasi penelitian menunjukkan adanya permasalahan pada kualitas pembelajaran yang masih rendah, disamping itu efektivitas dalam proses pembelajaran masih tergolong atau dapat dikatakan belum berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan. Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 22 Semarang, (2) Bagaimanakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 22 Semarang. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan lokasi di SMP Negeri 22 Semarang. Informan adalah guru mata pelajaran IPS, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasif, wawancara, dan dokumen. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran yang diterapkan pada SMP Negeri 22 Semarang berisi keterangan terkait model pembelajaran yang akan digunakan. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. (2) Kemandirian belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) termasuk kualifikasi tinggi, peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi keilmuan peserta didik pada sekolah level tinggi yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan penalaran matematik peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Teams Games Tournament (TGT), Model Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:54
Last Modified: 27 Jul 2022 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50652

Actions (login required)

View Item View Item