PENGARUH KOMPETENSI GURU, KONDISI FASILITAS, DAN PERSEPSI GURU PADA SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 1 BAWANG BANJARNEGARA


Nisriinaa Pangestika Nitami, 7101416101 (2021) PENGARUH KOMPETENSI GURU, KONDISI FASILITAS, DAN PERSEPSI GURU PADA SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK N 1 BAWANG BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416075 - Fairuz Nabila Asfarisya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kompetensi guru, kondisi fasilitas, dan persepsi guru terhadap supervisi akademik terhadap kesiapan guru dalam pembelajaran daring, hal ini dilatarbelakangi oleh pandangan mayoritas guru di SMK N 1 Bawang terhadap kesiapan guru dalam pembelajaran daring yang masih cukup rendah. Sedangkan kesiapan guru dalam pembelajaran daring pada saat ini sangat dibutuhkan di era Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap kesiapan guru, (2) Untuk menganalisis pengaruh kondisi fasilitas terhadap kesiapan guru, (3) Untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kesiapan guru, (4) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru, kondisi fasilitas, dan supervisi akademik secara bersama-sama berpengaruh terhadap kesiapan guru Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 yang terdiri dari seluruh guru di SMK N 1 Bawang Banjarnegara. Variabel yang diteliti yaitu kompetensi guru, kondisi fasilitas, dan supervisi akademik dan kesiapan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru, kondisi fasilitas, dan supervisi akademik secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan guru dalam pembelajran daring di SMK N 1 Bawang Banjarnegara sebesar 54,6%. Sedangkan secara parsial variabel kompetensi guru sebesar 31,4%, kondisi fasilitas sebesar 41,73%, dan supervisi akademik sebesar 35,28%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis asumsi klasik, dan analisis pengujian hipotesis. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kesiapan guru dapat dicapai dengan meningkatkan kompetensi guru, kondisi fasilitas, dan supervisi akademik pada guru. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Pihak sekolah bisa lebih meningkatkan jaringan internet dan memberikan pelatihan mengenai komunikasi dalam pembelajaran daring, (2) Perlu untuk menambah alat peraga, alat pelajaran dan media pelajaran yang lebih menarik dan variatif. (3) Pihak sekolah dapat memberikan penghargaan kepada guru yang telah bekerja dengan baik. (4) Sangat penting untuk memberikan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh guru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Kondisi Fasilitas, Supervisi Akademik, Kesiapan Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > teacher competence
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:55
Last Modified: 27 Jul 2022 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50651

Actions (login required)

View Item View Item