VALIDITAS CHEMISTRY HANDOUT SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR STOIKIOMETRI BERSTRATEGI PBS BERVISI SETS


Endang Susilaningsih, - (2016) VALIDITAS CHEMISTRY HANDOUT SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR STOIKIOMETRI BERSTRATEGI PBS BERVISI SETS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (1). pp. 1629-1640.

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (303kB)

Abstract

Meningkatkan pencapaian kompetensi yang menjadi indikator dalam kajian mutu pendidikan di Indonesia dapat dilakukan melalui pengadaan bahan ajar kimia yang bemutu dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Chemistry Handout berstrategi Problem Based Solving (PBS) bervisi SETS sebagai bahan ajar inovatif dan mengetahui kriteria validitasnya. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian Research and Development model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Validitas Chemistry Handout diperoleh dari hasil validasi menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi Chemistry Handout mendapatkan nilai 93,33 dengan kriteria sangat valid. Chemistry Handout memiliki kesesuaian untuk digunakan pada pembelajaran berstrategi PBS dan mendukung pembelajaran bervisi SETS. Validitas Chemistry Handout dari aspek media mencapai nilai validitas 95 dengan kriteria sangat valid. Chemistry Handout disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakter peserta dinilai dapat mendorong peserta didik untuk aktif menggali pengetahuan, melakukan pemecahan masalah dan bekerjasama dalam kelompok. Desain Chemistry Handout memasukan aspek–aspek yang memberikan kesempatan peserta didik melakukan pemecahkan masalah yang dihubungkan dengan unsur SETS dinilai mampu mendorong peserta didik belajar. Chemistry Handout berstrategi PBS bervisi SETS berhasil dikembangkan dengan kriteria validitas sangat valid diharapkan menjadi bahan ajar bermutu dan inovatif untuk membantu meningkatkan ketercapaian kompetensi dasar stoikiometri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: chemistry handout, problem based solving, SETS, validitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:41
Last Modified: 27 Jul 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50647

Actions (login required)

View Item View Item