KUALITAS MOTIF PEWARNAAN ECOPRINT DAUN JATI MENGGUNAKAN MORDAN TAWAS DAN TUNJUNG PADA KAIN SUTERA


Mega Yuniar Kusumawardhani, 5403416019 (2021) KUALITAS MOTIF PEWARNAAN ECOPRINT DAUN JATI MENGGUNAKAN MORDAN TAWAS DAN TUNJUNG PADA KAIN SUTERA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS MOTIF PEWARNAAN ECOPRINT DAUN JATI MENGGUNAKAN MORDAN TAWAS DAN TUNJUNG PADA KAIN SUTERA] PDF (KUALITAS MOTIF PEWARNAAN ECOPRINT DAUN JATI MENGGUNAKAN MORDAN TAWAS DAN TUNJUNG PADA KAIN SUTERA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ecoprint merupakan teknik pewarnaan menggunakan zat pewarna alami yang dilakukan dengan cara mencetak warna dan pola daun, bunga, tangkai, dan akar pada suatu kain dengan teknik tertentu. Teknik ecoprint yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kukus (steam) yaitu dengan memanfaatkan suhu panas sehingga pigmen warna tumbuhan dapat berpindah pada kain dan membentuk motif. Penelitian ini menggunakan daun jati dikarenakan daun jati memiliki kelebihan yaitu memiliki zat warna tannin yang kuat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas motif daun jati dengan teknik ecoprint menggunakan mordan tawas dan tunjung pada kain sutera. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, data yang dihasilkan berupa data deskriptif persentase. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, lembar pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas motif ecoprint daun jati pada aspek estetika motif yang dilihat dari penyusunan motif (menyatu, seimbang, seirama, dan point of interest) dan ketegasan motif daun mordan tawas memperoleh persentase (85,41%) kategori sangat baik lebih unggul daripada mordan tunjung dengan persentase (80,40%) kategori baik, 2) Kualitas motif ecoprint daun jati pada aspek warna yang dilihat dari kerataan warna dan tingkat kebloboran mordan tunjung memperoleh persentase (81,87%) kategori sangat baik lebih unggul daripada mordan tawas dengan persentase (81,67%) kategori sangat baik, 3) Kualitas motif ecoprint daun jati pada aspek kelayakan produk yang dilihat dari kesesuaian bahan yang digunakan dan kerapihan jahitan mordan tawas memperoleh persentase (84,79%) kategori sangat baik lebih unggul daripada mordan tunjung dengan persentase (84,38%) kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian 15 panelis rata-rata menunjukkan bahwa hasil keseluruhan kualitas motif ecoprint daun jati menggunakan mordan tawas dan tunjung dikategorikan sangat baik dan sangat layak untuk digunakan. Saran dari penelitian ini yaitu dalam menggunakan mordan dapat lebih divariasikan dan perlu disesuaikan dengan teknik ecoprint yang digunakan serta jenis daun yang digunakan dapat divariasikan agar menambah nilai estetika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ecoprint, Kualitas Hasil Ecoprint, Daun Jati, Zat warna alam, Motif
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:43
Last Modified: 27 Jul 2022 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50645

Actions (login required)

View Item View Item