UPAYA MENGURANGI KELELAHAN DALAM UJI KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMOTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN UJI MODEL TIDAK KONTINYU


Abdurrahman, - (2015) UPAYA MENGURANGI KELELAHAN DALAM UJI KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMOTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DENGAN UJI MODEL TIDAK KONTINYU. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21 (1). pp. 53-69.

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan strategi bagaimana suasana ujian tidak mencekam dan menemukan model manajemen pelaksanaan uji kompetensi yang dapat mengurangi kelelahan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development. Penelitian diawali dengan penelitian pendahuluan dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok terarah atau focus group discussion untuk penyempurnan model. Penyempurnaan model diawali dengan perbaikan model I menjadi model II, dan diakhiri dengan validasi model II oleh para pakar dan praktisi. Terdapat dua produk dalam penelitian ini, yaitu: 1) Panduan penilaian menjadi asesor yang menyenangkan dan 2) Uji kompetensi model tidak kontinyu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 penilai model, empat orang penilai menyatakan sangat layak sekali, empat orang penilai menyatakan sangat layak, dan dua orang penilai menyatakan layak. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa model temuan penelitian ini sangat layak diterapkan di SMK. Faktor ketenangan siswa dan bebas dari rasa takut dalam mengerjakan uji kompetensi perlu diperhatikan, dengan cara siswa perlu diberi jeda istirahat setelah selesai mengerjakan satu tugas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fatigue, competence test, discontinue model of competency test.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:32
Last Modified: 27 Jul 2022 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50644

Actions (login required)

View Item View Item