PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TERINTEGRASI ETNOSAINS BERBANTUAN GOOGLE FORM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA


FEBRI SIWI TRI UTAMI, 4301416064 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TERINTEGRASI ETNOSAINS BERBANTUAN GOOGLE FORM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301416064 - Febri Siwi Tri Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan abad 21. Hasil observasi menunjukkan bahwa instrumen penilaian di sekolah belum dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes terintegrasi etnosains berbantuan Google Form yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4-D, namun dilakukan sampai dengan tahap 3-D yaitu, define, design, dan develop. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XII MAN 1 Klaten. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berisi soal uraian dan angket respon guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Validitas instrumen divalidasi oleh ahli. Instrumen tes yang dikembangkan dapat membedakan kategori kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu sangat tinggi, tinggi, cukup dan rendah. Kesimpulannya instrumen dinyatakan cukup baik untuk digunakan sebagai alat ukur kemampuan berpikir kreatif siswa namun masih perlu dikembangkan pada riset berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: etnosains, instrumen tes, kemampuan berpikir kreatif, larutan penyangga.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:33
Last Modified: 27 Jul 2022 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50638

Actions (login required)

View Item View Item