ANALISIS KUALITAS HASIL JAS PRIA DENGAN TAILORED COMBINATION METHOD


Partini, 5403416001 (2021) ANALISIS KUALITAS HASIL JAS PRIA DENGAN TAILORED COMBINATION METHOD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KUALITAS HASIL JAS PRIA DENGAN TAILORED COMBINATION METHOD] PDF (ANALISIS KUALITAS HASIL JAS PRIA DENGAN TAILORED COMBINATION METHOD) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Jas merupakan busana pria yang menggunakan sistem tailoring dengan tingkat kesulitan tinggi. Ada beberapa macam metode pembuatan jas yaitu custome tailored method, fused tailored method, machine tailored method, dan tailored combination method. Setiap metode ada kelebihan dan kekurangan seperti pada custome tailored method menghasilkan jas yang sangat baik namun membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak, pada fused tailored method dan machine tailored method pengerjaannya lebih cepat dan jasa pembuatannya juga relatif lebih murah namun kualitasnya lebih rendah dibandingkan dengan custome tailored method. Solusi untuk mendapatkan hasil jadi jas yang berkualitas dan efisien yaitu dengan menggunakan metode tailored combination. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas hasil jadi penerapan tailored combination method pada jas pria dengan bahan kain semi wol ditinjau dari indikator compatibility, stabilizing, reducing, dan total look. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif, data yang dihasilkan berupa data deskriptif persentase. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Instrumen penelitian dengan lembar observasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variable tunggal yaitu kualitas hasil jas pria dengan tailored combination method. Hasil observasi kualitas hasil jadi jas pria dengan tailored combination method dalam penelitian ini termasuk dalam kriteria sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata dari seluruh indikator penilaian 86,75%. Pada kualitas hasil jadi jas pria dilihat dari data kesesuaian/compatibility mendapat hasil rata-rata 87% dengan kriteria sesuai. Pada kualitas hasil jadi jas pria dilihat dari data kestabilan/stabilizing mendapat hasil rata-rata 83% dengan kriteria sangat stabil. Pada kualitas hasil jadi jas pria dilihat dari data pengurangan/reducing mendapat hasil rata-rata 91% dengan kriteria sangat baik. Pada kualitas hasil jadi jas pria dilihat dari data tampilan keseluruhan/total look mendapat hasil rata-rata 86% dengan kriteria sangat baik. Saran dari penelitian ini yaitu pemasangan rambut kuda pada seluruh bagian lapel kerah sebaiknya tidak menggunakan cara dijahit mesin melainkan dijahit dengan tusuk piquer. Pembuatan jas dengan tailored combination method pada bagian saku paspoile sebaiknya dijahit stabil dan kampuh ditipiskan. Pembuatan jas sebaiknya menggunakan sistem pembuatan pola jas yang lain untuk mendapatkan hasil yang baik karena terdapat kekurangan pada bagian badan belakang jas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jas, Kualitas, Tailoring, Combination method
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:25
Last Modified: 27 Jul 2022 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50636

Actions (login required)

View Item View Item