PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (KIR) DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2021


Ventikasari Anggraeni, 3301417063 (2021) PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (KIR) DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301417063 - Ventikasari Anggraeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengujian kendaraan bermotor merupakan serangkaian kegiatan menguji/memeriksa komponen dari kendaraan bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknik dan laik jalan. Pelayanan yang baik dan berkualitas memberikan implikasi kepuasan kepada masyarakat, karena masyarakat secara langsung menilai terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelayanan pengujian kendaraan bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar tahun 2021. 2) Untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar tahun 2021. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode mix methods (metode campuran), yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Uji validasi data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi konkuren. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar mengubah 3 kebijakan dalam Uji KIR, pertama pendaftaran menjadi online, kedua pembayaran menjadi non tunai, dan ketiga buku KIR menjadi smart card. Untuk dapat mengukur tingkat kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor (KIR) tersebut dapat dilihat dengan menggunakan 5 dimensi pelayanan. 2) Indeks kepuasan masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar sebesar 3,22. Kemudian, jika Nilai IKM dikonversikan dengan rumus NRR Per Unsur x 25 = 80,57 yaitu masuk dalam kategori mutu pelayanan B dengan kepuasan masyarakat puas. Saran yang diberikan adalah sebaiknya alat khusus untuk pendaftaran online segera diselesaikan dan jumlah kendaraan yang akan melakukan Uji KIR diberi batasan maksimum setiap harinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:35
Last Modified: 27 Jul 2022 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50635

Actions (login required)

View Item View Item