(ABSTRAK) DOMINASI BERBAGAI FAKTOR PENENTU PEMILIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN MULTIMEDIA SMK N 2 ADIWERNA TEGAL


Miftachul Fauzi , 1102405071 (2010) (ABSTRAK) DOMINASI BERBAGAI FAKTOR PENENTU PEMILIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN MULTIMEDIA SMK N 2 ADIWERNA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) DOMINASI BERBAGAI FAKTOR PENENTU PEMILIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN MULTIMEDIA SMK N 2 ADIWERNA TEGAL]
Preview
PDF ((ABSTRAK) DOMINASI BERBAGAI FAKTOR PENENTU PEMILIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI JURUSAN MULTIMEDIA SMK N 2 ADIWERNA TEGAL) - Published Version
Download (131kB) | Preview

Abstract

Dalam proses kegiatan pembelajaran, faktor internal dan eksternal mempengaruhi peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Motivasi belajar, konsentrasi belajar, dan pemahaman siswa merupakan faktor psikologis dalam belajar yang turut serta mempengaruhi siswa dalam pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara faktor motivasi belajar, konsentrasi belajar, dan pemahaman siswa sebagai faktor penentu pemilihan kompetensi keahlian multimedia terhadap hasil belajar di jurusan multimedia SMK N 2 Adiwerna Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa keahlian multimedia di SMK N 2 Adiwerna yang berjumlah 144, dengan sampel sebanyak 60 yang terdiri dari kelas X mm 1, X mm 2, XI mm 1, dan XI mm 2. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari motivasi belajar, konsentrasi belajar, dan pemahaman siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara faktor motivasi belajar, konsentrasi belajar, dan pemahaman siswa terhadap hasil belajar. Hasil analisis regresi berganda memperoleh persamaan regresi Ŷ = 66,110 + 0,0127 X1 + 0,120 X2 + 0,155 X3. Hasil analisis regresi sederhana antara faktor motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah Y = 69,445 + 0,259X. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar yaitu 0.408 atau 40,8%. Untuk faktor konsentrasi belajar terhadap hasil belajar yaitu Y = 69,774 + 0,225X. Besarnya pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar yaitu 0.395 atau 39,5%. Untuk faktor pemahaman siswa terhadap hasil belajar adalah Y = 71,112 + 0,367X. Besarnya pengaruh pemahaman siswa terhadap hasil belajar yaitu sebesar 0.330 atau 33%. Hasil analisis uji hipotesis secara simultan dengan uji F diperoleh F hitung 22,906 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara faktor motivasi belajar, konsentrasi belajar, dan pemahaman dengan hasil belajar di jurusan multimedia di SMK N 2 Adiwerna Tegal. Hasil uji determinasi menunjukan nilai koefisien determinasi sebesar 0,551 yang berarti bahwa besarnya pengaruh faktor motivasi belajar, konsentrasi belajar, dan pemahaman siswa terhadap hasil belajar adalah 55,10%. Mengacu pada hasil penelitian, hendaknya pihak sekolah terutama guru di jurusan multimedia lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang bermuara pada hasil belajar dengan tidak mengesampingkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: faktor penentu pemilihan kompetensi keahlian multimedia, hasil belajar peserta didik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 03:59
Last Modified: 30 Sep 2011 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item