PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) BERBASIS PRODUK UNGGULAN KAWASAN PERDESAAN (PURKADES) DI KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI


Muhammad Amin Hamidi, 3211416025 (2021) PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) BERBASIS PRODUK UNGGULAN KAWASAN PERDESAAN (PURKADES) DI KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416025 - Muhammad Amin Hamidi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dasar yang dihadapi petani adalah kurangnya akses kepada sumber permodalan, pemasaran dan teknologi, serta organisasi tani yang masih lemah. Perlunya pemanfaatan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Purkades) sebagai potensi yang ada tengah-tengah masyarakat Kecamatan Jatisrono perlu di maksimalkan mengingat sebagian besar sektor perekonomianya berasal pada sektor agraris. Tujuan dalam peneliian ini adalah : 1) Mengatahui usaha agribisnis apakah yang mampu menjadi Unggulan Kecamatan Jatisrono. 2) Mengetahui produk unggulan apakah yang mempunyai daya saing di pasaran. 3) Mengkaji bagaimanakah Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang dapat mengatasi permasalahan petani. Teknik Analisis statistik deskriptif statistik. Analisis data untuk mendukung penelitian ini juga dilakukan dengan analisis SWOT. Analisis SWOT untuk identifikasi faktor SDA dan SDM yang mempengaruhi produk unggulan kawasan perdesaan. Prioritas strategi yang di hasilkan dalam penelitian ini yaitu Memperkuat komunikasi yang baik dengen distributor untuk meningkatkan penjualan produk, Memperkuat hubungan dengen pemasok bahan baku dan tenaga kerja untuk kebelangsungan usaha, Meningkatkan sinergi dengen pemerintah memalui program pemerintah yang sejalan dengan pelaku usaha, Memperkuat jaringan pemasaran agar langsung sampai ke konsumen tingkat akhir, Mengoptimalkan modal dan pengalaman bekerja serta memanfaatkan peralatan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, Meningkatkan kualitas dan kuantitas produki dengen memanfaatkan teknologi terbaru, Meningkatkan kemampuan manajemen dan mengupayakan meningkatkan kemasan produk, Memanfaatkan limbah dengan baik melalui teknologi tepat guna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agribisnis, Produk Unggulan, Kawasan Perdesaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:56
Last Modified: 27 Jul 2022 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50624

Actions (login required)

View Item View Item