EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUSCAN PADA MUATAN PELAJARAN IPA DALAM TEMA “BUMIKU” KELAS VI SD N TULIS 02


Bagus Budiman, 5302416054 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUSCAN PADA MUATAN PELAJARAN IPA DALAM TEMA “BUMIKU” KELAS VI SD N TULIS 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUSCAN PADA MUATAN PELAJARAN IPA DALAM TEMA “BUMIKU” KELAS VI SD N TULIS 02] PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUSCAN PADA MUATAN PELAJARAN IPA DALAM TEMA “BUMIKU” KELAS VI SD N TULIS 02) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat membawa dampak positif terhadap berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan yang secara tidak langsung dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan ini. Perkembangan ini memberi peluang untuk menciptakan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan smartphone yang sudah tidak asing, memberikan peluang untuk dijadikan media edukatif dalam pembelajaran. Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima infformasi, semakin besar pula informasi tersebut dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan (Hamalik, 2007). SDN Tulis 02 memiliki permasalahan hasil belajar siswa kelas VI yang rendah, tidak didukung dengan fasilitas atau media yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa. Dibuktikan dengan rata – rata hasil belajar siswa kelas VI dari tema 1 – 5 hanya 7 dari 42 siswa yang melampaui KKM. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan pola one group pretest-posttest. Pada kasus penelitian ini memiliki tujuh tahapan dalam metode eksperimen. Tahap pertama siswa melakukan proses belajar normal dengan guru. Tahap kedua siswa diberikan pretest. Tahap ketiga membuat media pembelajaran EduScan. Tahap keempat media yang telah dibuat, diuji oleh para ahli. Tahap kelima melakukan proses belajar dengan bantuan media EduScan. Tahap keenam siswa diberikan posttest. Tahap ketujuh, dilakukan analisis dari data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Dari hasil pengujian yang dilakukan, media pembelajaran EduScan dinyatakan layak digunakan, dengan presentase kelayakan uji materi 93%, presentase kelayakan uji media 92%, uji paired sample t-test dengan nilai Sig. (2- tailed) 0,000 > 0,001 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, uji gain memperoleh skor 0,3445, respon siswa terhadap media pembelajaran EduScan memberikan dampak positif dari aspek kemudahan (ease of use) sebesar 95,2%, aspek kegunaan (usability) sebesar 93,1%, dan aspek kepuasan (satisfaction) sebesar 94,6%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:23
Last Modified: 27 Jul 2022 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50614

Actions (login required)

View Item View Item