IMPLEMENTASI MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA E-COMMERCE FURNITUR


Isna Prasetyo, 5302415058 (2021) IMPLEMENTASI MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA E-COMMERCE FURNITUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA E-COMMERCE FURNITUR] PDF (IMPLEMENTASI MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA E-COMMERCE FURNITUR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

E-commerce menjadi salah satu tren dalam berbisnis jual beli dengan seiring meningkatnya perkembangan teknologi. E-commerce dimanfaatkan oleh banyak produsen salah satunya adalah penjualan furnitur secara online. Teknologi Augmented Reality dapat membuat e-commerce furnitur menjadi menarik, karena pengguna bisa mencoba produk secara virtual sehigga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi e-commerce furnitur dengan fitur Markerless Augmented Reality. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan merupakan Agile Development jenis Extreme Programming. Langkah-langkah pada penelitian ini adalah Planning, Design, Coding, dan Testing. Pada tahap pengujian aplikasi, dilakukan dengan pengujian alpha berupa functional testing dengan menggunakan uji black box dan pengujian beta berupa usability testing dengan menggunakan uji ahli media dan uji pengguna. Penelitian ini menghasilkan aplikasi e-commerce furnitur dengan fitur Augmented Reality Markerless yang dapat digunakan untuk promosi dan pembelian produk furnitur secara online. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat dikategorikan “Sangat Baik” sehingga aplikasi dapat dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil pengujian alpha berupa functional testing, dengan menggunakan uji black box mendapatkan persentase 100%. Hasil pengujian beta berupa usability testing, dengan menggunakan uji ahli media mendapatkan persentase 92.92% dan uji pengguna mendapatkan rata-rata akhir sebesar 77.60. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah mengembangkan aplikasi ini agar terdapat fitur pengiriman via jasa pengiriman, dan multiple objek pada scene Augmented Reality

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce Furnitur, Augmented Reality, Markerless, Platform Android, Agile Development.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:34
Last Modified: 27 Jul 2022 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50613

Actions (login required)

View Item View Item