ALAT UJI KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TEKS NARATIF BERBASIS ANDROID


Saras Noya, 5302414046 (2021) ALAT UJI KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TEKS NARATIF BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ALAT UJI KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TEKS NARATIF BERBASIS ANDROID] PDF (ALAT UJI KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA TEKS NARATIF BERBASIS ANDROID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

kan menambah wawasan siswa. Dengan terampil membaca, seorang individu akan lebih mudah mempelajari, memahami, dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam membaca dapat menggunakan metode Kemampuan Effektif Membaca (KEM), yaitu dilakukan dengan cara membaca suatu bacaan yang berisi sejumlah kata tertentu dalam waktu yang secepat mungkin untuk memahami isi bacaan. Penelitian ini menyajikan pembuatan aplikasi uKEM yang dapat memproses penghitungan KEM dengan lebih praktis, efektif, objektif, variatif, kreatif dan tidak melelahkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara menghitung KEM teks naratif yang tidak melelahkan siswa, ketika uji KEM teks naratif dilakukan berkali-kali.; (2) cara menghitung KEM teks naratif supaya hasil uji tersebut mengandung bias yang lebih kecil dibandingkan dengan cara manual dan; (3) menghasilkan aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung kecepatan efektif membaca teks naratif siswa secara cepat. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah Waterfall. Kelebihan metode Waterfall adalah memungkinkan untuk departementasi dan kontrol. Tahapan dimulai dari tahap komunikasi (communication), lanjut ke tahapan-tahapan perencanaan (planning), pemodelan (modeling), penulisan kode (construction), serta uji coba (deployment). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi, dan lembar validasi ahli, yaitu: untuk ahli media dan ahli materi serta lembar penilaian penggunaan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif didukung dengan konversi data dalam tabel kriteria kelayakan dan penilaian penggunaan. Pengujian perangkat lunak berupa aspek functionality, compatibility, dan usability. Pengujian functionality suitability dilakukan oleh ahli IT dengan menggunakan black box yang disesuaikan dengan fungsionalitas pada aplikasi uKEM. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa semua fungsi yang ada dapat berjalan dengan baik sesuai dengan use case yang telah dibuat dengan persentase 100%. Aspek pengujian compatibility menggunakan beberapa smartphone, pengujian dilakukan secara langsung menghasilkan persentase 100%, yang dapat dikatakan sangat layak. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh validator media menunjukkan bahwa: aplikasi mendapat penilaian sebesar 89,16% dari ahli media dan 90% dari ahli materi. Sedangkan hasil uji coba dalam pembelajaran menunjukkan nilai kemudahan dan kemanfaatan penggunaan aplikasi sebesar 94,82% oleh siswa. Hal ini menunjukkan media mobile learning berbasis Android yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan uji KEM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat uji, Kecepatan Efektif Membaca, Android, Waterfall
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Elektro, D3
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:20
Last Modified: 05 Apr 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50612

Actions (login required)

View Item View Item