IMPLEMENTASI UNEN-UNEN SEBAGAI REFLEKSI ETIKA JAWA DALAM KARAWITAN GAYA SURAKARTA


Tri Duto Utomo, 2601417062 (2021) IMPLEMENTASI UNEN-UNEN SEBAGAI REFLEKSI ETIKA JAWA DALAM KARAWITAN GAYA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601417062 - Tri Duto Utomo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Unen-unen yang berkaitan dengan seni karawitan berasal dari tuturan-tuturan seniman maupun dari pengamat karawitan. Hal tersebut dituturkan karena unenunen dapat dijadikan tuntunan oleh para seniman karawitan. Yang menjadi persoalan dalam penelitian ini yaitu apa saja unen-unen yang berkaitan dengan seni karawitan tersebut. Di samping itu juga sejauh mana unen-unen itu yang merefleksikan etika Jawa terimplementasi ke dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk unen-unen yang merefleksikan etika Jawa dalam karawitan gaya Surakarta dan implementasinya dalam kehidupan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, teknik wawancara tidak terarah, teknik rekam, metode simak, metode dokumentasi, dan teknik catat. Analisis datanya menggunakan teknik kajian isi atau content analysis. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) bentuk unen-unen yang merefleksikan etika Jawa dalam karawitan gaya Surakarta diklasifikasikan berdasarkan satuan lingual kata berjumlah 23 unen-unen, terdiri dari monomorfemis 14 unen-unen, dan polimorfemis 9 unen-unen (3 di antaranya berbentuk kata majemuk); (2) implementasi unen-unen yang merefleksikan etika Jawa dalam karawitan gaya Surakarta dapat terjadi karena terdapat analogi antara maknanya di dalam masyarakat dan di dalam karawitan. Analogi yang dimaksudkan yaitu kesamaan makna unen-unen yang ada di dalam karawitan dengan yang berlaku di kehidupan, sedangkan implementasinya berupa contoh aktivitas atau wujud nyata cerminan dari unen-unen yang ditemukan. Setelah dianalogikan ke dalam kehidupan, unenunen tersebut mengandung etika yang kerap kali dijadikan manusia Jawa sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan, sehingga manusia Jawa dapat mencapai hidup yang selaras serta tingkat spiritual yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: unen-unen, etika Jawa, karawitan gaya Surakarta
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:03
Last Modified: 26 Jul 2022 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50607

Actions (login required)

View Item View Item