KETERLIBATAN AYAH DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19


Aisyah Durrotun Nafisah, 1601417073 (2021) KETERLIBATAN AYAH DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417073 - Aisyah Durrotun Nafisah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlibatan ayah dalam program belajar dari rumah di masa pandemi covid-19 di desa Purwosari. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan mix metode dengan model sequential explanatory dengan jenis penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah ayah yang mempunyai anak TK di Desa Purwosari. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus dengan menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 85 ayah pada 1 Desa di Desa Purwosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner/ angket, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan skor, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model Miles and Hubermans. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat keterlibatan ayah dalam program belajar dari rumah di tengah covid-19 di Desa Purwosari termasuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 53% dan mendapatkan nilai rata rata 2,49. Dengan hasil pada setiap aspek dapat dijabarkan sebagai berikut, pada Aspek Paternal Engagement mempunyai nilai rata-rata 2,67 yang mana masuk pada kategori sedang, aspek Paternal Accessibility mempunyai nilai rata-rata 2,53 yang mana masuk pada kategori sedang, dan aspek Paternal Responsibility mempunyai nilai rata-rata 2,27 yang mana masuk pada kategori rendah. Simpulan dalam penelitian ini ayah pada dasarnya telah memiliki pemahaman dan kesadaran tentang keterlibatan ayah dalam program belajar dari rumah, namun pada praktiknya ayah belum bisa sepenuhnya hadir dalam mendampingi anak dalam program belajar dari rumah. Selain itu, pada aspek Paternal Responsibility mendapatkan hasil terendah yaitu 2,27 sehingga ayah perlu sepenuhnya hadir dalam mendampingi anak dalam program belajar dari rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Ayah, Program Belajar Dari Rumah
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:11
Last Modified: 26 Jul 2022 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50604

Actions (login required)

View Item View Item