KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN TEKS BERBASIS LOKAL KABUPATEN JEPARA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD


Fera Alvionita, 1401417082 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN TEKS BERBASIS LOKAL KABUPATEN JEPARA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417082 - Fera Alvionita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan hasil belajar yang dilakukan di kelas IV SDN Dabin 01 Kecamatan Kembang didapat bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia kurang maksimal dikarenakan model yang digunakan guru belum optimal, guru cenderung menggunakan model number head together se�hingga siswa terlalu bersemangat dalam pembelajaran dan membuat suasana ke�las menjadi kurang efektif, serta penguasaan materi masih cenderung kurang, se�hingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan menerapkan model role playing, karena model tersebut memungkinkan siswa untuk mengingat banyak materi de�ngan cara yang menyenangkan dan kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran role playing berbantuan teks berbasis lokal ter�hadap hasil belajar Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dabin 01 Kecamatan Kembang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 01 Kembang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 01 Jing�gotan sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pe�ngumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berbantuan teks berbasis lokal efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi nonfiksi di tema 7. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 1,618, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,13. Thitung lebih besar dari ttabel (1,618 > 1, 13). Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n�gain kelas kontrol adalah 0,671 termasuk kriteria sedang sedangkan n-gain kelas eksperimen 0,907 termasuk kriteria tinggi. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih ti�nggi yaitu 76,51% dibandingkan kelas kontrol yaitu 58,75%. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran role playing efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan model role playing sebaiknya mem�perhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: role playing; hasil belajar; keefektifan; Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:58
Last Modified: 26 Jul 2022 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50602

Actions (login required)

View Item View Item