HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS RA KARTINI UNGARAN TIMUR


Magdalena Hindom, 140141650 (2021) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS RA KARTINI UNGARAN TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416505 - Magdalena Hindom.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Peran orang tua dan motivasi belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa peran orang tua dan motivasi belajar siswa masih rendah ditandai dengan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini Ungaran Timur?; (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini Ungaran Timur?; (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini Ungaran Timur?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Populasi berjumlah 110 siswa dengan jumlah sampel 110 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Variabel dalam penelitian ini meliputi peran orang tua dan motivasi belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan hasil belajar IPS nilai rhitung = 0,357 dan termasuk kategori rendah serta berkontribusi sebesar 35,7%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung =0,299 dan kategori rendah serta berkontribusi sebesar 26,9%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,390 dan termasuk kategori rendah serta berkontribusi sebesar 39,0%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Saran bagi orang tua diharapkan menanyakan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anak dalam belajar, menyediakan fasilitas belajar seperti; buku, pensil, bolpoin, dll dan mendampingi anak saat belajar. Serta bagi seluruh pihak terkait diharapkan dapat mengembangkan peran orang tua dan motivasi belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Motivasi Belajar, Peran Orang Tua
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:53
Last Modified: 26 Jul 2022 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50601

Actions (login required)

View Item View Item