PENGARUH MOTIVASI DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) JEPARA


Putri Hariyati, 1201416038 (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201416038 - Putri Hariyati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar adalah suatu tingkat pencapaian siswa dalam suatu mata pelajaran dan dijadikan sebagai indikator daya serap warga belajar terhadap apa yang diajarkan dan dipelajari. Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar antara lain motivasi dan konsentrasi belajar. Warga belajar kejar paket C SKB Jepara memiliki masalah pada prestasi belajar yaitu seringnya mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan konsentrasi terhadap prestasi belajar warga belajar paket C di SKB Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah warga belajar paket C SKB Jepara kelas 12 sebanyak 139 orang dan diambil 49 sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket menggunakan skala pengukuran Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial uji regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) v.23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung sebesar -1,842 dan signifikansi 0,072. Konsentrasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung sebesar 3,055 dan signifikansi 0,011. Motivasi dan konsentrasi secara simultan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai F hitung sebesar 5.035 dan signifikansi 0,011. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, (2) konsentrasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar artinya apabila tingkat motivasi belajar warga belajar tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajarnya, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antar motivasi dan konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar yang berarti apabila motivasi dan konsentrasi belajar warga belajar tinggi maka akan meningkatkan prestasi belajarnya serta memiliki kontribusi sebesar 18%. Sedangkan 82% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas pada penelitian ini. Saran bagi lembaga dan tutor dapat mengarahkan warga belajar pada kegiatan pembelajaran yang dapat mempertahankan serta meningkatkan motivasi dan konsentrasi warga belajar. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar selain motivasi dan konsentrasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Konsentrasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:30
Last Modified: 26 Jul 2022 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50597

Actions (login required)

View Item View Item