KEEFEKTIFAN MICROSOFT TEAMS TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 JEPARA


Muhammad Barikly Sany, 1102415058 (2020) KEEFEKTIFAN MICROSOFT TEAMS TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102415058 - Muhammad Barikly Sany.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan pembelajaran mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Jepara memerlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk media penunjang e-learning tanpa mengurangi esensi dari materi yang disampaikan pada saat pembelajaran tatap muka. Sehingga pembelajaran yang dilakukan di kelas dapat berjalan secara baik tanpa terganggu dengan kendala keterbatasan ruang dan waktu dalam pembelajaran sehingga laju belajar peserta didik dapat meningkat dan peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang lebih banyak karena peserta didik dapat belajar kapanpun dan dimanapun mereka berada serta mampu meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan dan mengelola e�learning dalam hal ini media yang dimanfaatkan dan dikelola adalah Microsoft Teams dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Microsoft Teams terhadap hasil belajarn prakarya dan kewirausahaan siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan rata-rata nilai terendah. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket/kuesioner, dokumentasi, dan test. Hasil dari analisis pemahaman konsep siswa setelah dilakukan prestes dan posttest tersebut menunjukkan nilai Posttest siswa memiliki rata-rata 76,67 sedangkan nilai pretest menunjukan rata-rata sebesear 50,83. Hal ini diperkuat dengan hasil data Uji Paired Sample Test sebagai uji t, pada uji t menunjukan sig.(2- tailed) menunjukan <0,05, maka dapat disimpulkan penolakan terhadap Ho. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest lebih tinggi di bandingkan dengan rata�rata hasil pretest, maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dibandingkan dengan melalui pembelajaran konvensional tanpa menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Ini membuktikan bahwa penggunaan media Microsoft Teams mempunyai pengaruh positif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Microsoft Teams, Hasil Belajar, Prakarya dan Kewirausahaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:25
Last Modified: 26 Jul 2022 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50596

Actions (login required)

View Item View Item