TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA NOVEL ZAINY BARAKAT KARYA GAMAL AL GHITANI


Nofita Indah Fitriya, 2303417002 (2021) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA NOVEL ZAINY BARAKAT KARYA GAMAL AL GHITANI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303417002 - Nofita Indah Fitriya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang paling tepat dalam melakukan kegiatan berkomunikasi antar manusia. Secara ilmu kebahasaan, komunikasi disebut peristiwa tutur. Proses penyampaian pesan diistilakan sebagai tindak tutur. Tindak tutur merupakan bagian yang amat penting dalam komunikasi. Sebuah tuturan mempunyai tiga makna sekaligus saat dituturkan yaitu; makna lokusi, makna ilokusi, dan makna perlokusi.. Fenomena kebahasaan ini selain ditemukan juga terdapat di dalam novel. Untuk memahami makna tersebut, maka lawan tutur harus memahami konteks sebuah tuturan. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengidentifikasi bentuk tindak tutur ilokusi yang terdapat pada Novel Zainy Barakat karya Gamal Al Ghitani ; (2) Menentukan fungsi pragmatic tindak tutur ilokusi yang terdapat pada novel Zainy Barakat karya Gamal Al Ghitani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, desain penelitiannya berupa studi pustaka (study research), teknik pengumpulan datanya adalah teknik simak-catat, instrument penelitiannya menggunakan kartu data dan lembar rekapitulasi data, sedang untuk metode analisis datanya menggunakan metode padan ekstralingual. Dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 155 tuturan yang terbagi kedalam 5 bentuk tindak tutur ilokusi dan 4 fungsi tindak tutur. Berdasarkan analisis terhapat tuturan-tuturan yang ditemukan pada novel zayni barakat karya jamal al ghitani dapat dirinci berdasarkan bentuk tindak ilokusi dan fungsi tindak tutur sebagai berikut; 43 bentuk tuturan ilokusi asertif, 63 bentuk tuturan ilokusi direktif, 11 bentuk tuturan ilokusi komisif, 38 bentuk tuturan ilokusi ekspresif, dan tidak bentuk tuturan ilokusi deklaratif. Dari kelima bentuk tuturan ilokusi dalam novel zayni barakat, tuturan direktif yang paling banyak ditemukan, dan bentuk tuturan deklaratif adalah yang paling sedikit digunakan. fungsi pragmatis diklasifikasikan menjadi empat macam fungsi, yaitu kompetitif, konvival, kolaboratif dan konfliktif. Dalam novel zayni barakat ditemukan keempat macam fungsi tersebut yang terinci sebagai berikut: 57 fungsi kompetitif, 30 fungsi konvival, 48 fungsi kolaboratifm dan 20 fungsi konfliktif. Dari data tersebut fungsi pragmatis yang paling banyak ditemukan pada novel zayni barakat adala fungsi kompetitif, dan adapun yang paling sedikit ditemukan adalah fungsi konfliktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Tindak Tutur, Tinjauan Pragmatik, Novel Zayni Barakat.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:05
Last Modified: 26 Jul 2022 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50595

Actions (login required)

View Item View Item