KESESUAIAN ANTARA KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 KELAS X SEMESTER 1 SMK DI KOTA SEMARANG
Guntur Warisman, 2101416003 (2021) KESESUAIAN ANTARA KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 KELAS X SEMESTER 1 SMK DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perubahan dari kurikulum sebelumnya ke Kurikulum 2013 menuntut adanya pemahaman dari pendidik dalam menyusun perangkat pembelajaran salah satunya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran. (RPP) panduan yang berisi langkah/upaya yang berhubungan langsung dengan aktivitas peserta didik di ruang belajar dalam pencapaian dan penguasaan kompetensi dasar. RPP juga berguna untuk memperhitungkan keberhasilan atau memproyeksikan risiko yang akan terjadi dalam proses pembelajran serta berguna untuk mengelola kegiatan pembelajran secara terstruktur atau runtut. Kegiatan dan materi pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berpengaruh dalam mencapai kompetensi yang diharapkan . Dalam hal peyampaian materi, jika kegiatan pembelajaran dan materi pembelajaran direncanakan/disusun dengan baik maka peluang penguasan atau pencapaian dari suatu kompetensi dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, dalam merumuskan RPP pada komponen kegiatan dan materi pembelajaran pendidik, sebagai salah satu faktor penentu kebehasilan terlaksananya pembelajaran, diharapkan sesuai dengan Kurikulum 2013, sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi yang akan dicapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana kesesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 kelas X Semester 1 di Kota Semarang. 2) Bagaimana kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 kelas X Semester 1 di Kota Semarang. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kesesuaian antara materi pembelajaran dengan Kompetensi Dasar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 kelas X di Kota Semarang. 2) Mendeskripsikan kesesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan Kompetensi Dasar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 kelas X di Kota Semarang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menganalisis RPP yang dibuat oleh pendidik di tiga sekolah. Pada penelitian ini objek penelitian yang digunakan berupa Materi dan Kegiatan Pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1. Subjek Penelitian ini adalah satu
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 08:09 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50588 |
Actions (login required)
View Item |