STIMULASI RANAH KOGNITIF MELALUI PERKEMBANGAN KREATIVITAS BERMAIN ANAK USIA DINI


Erfika Sofia Ranti, 1601416012 (2021) STIMULASI RANAH KOGNITIF MELALUI PERKEMBANGAN KREATIVITAS BERMAIN ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416012 - Erfika Sofia Ranti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stimulasi ranah kognitif pada anak yang diberikan melalui perkembangan kreativitas bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini juga mengguankan action research yang di mana metode ini digunakan untuk situasi nyata untuk dan berfokus pada pemecahan masalah yang nyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Tri Mardisunu Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dengan melibatkan sepuluh anak dan 1 guru kelompok B. Data dianalisis melalui model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stimulasi ranah kognitif melalui perkembangan kreativitas bermain anak kelompok B di TK Tri Mardisunu Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dilakukan untuk mengembangkan kognitif pada anak, hal tersebut di terapkan oleh guru kelompok B yaitu menstimulasi ranah kognitif yang dilakukan melalui perkembangan kreativitas bermain. Anak akan memilih kegiatan bermain sendiri, mampu belajar memecahkan masalah, berfikir logis (berinisiatif untuk memilih kegiatan main) dan berfikir simbolik (mengenal bentuk). Dengan kegiatan tersebut anak mampu melakukannya dengan rasa dan kegiatan bermain anak mampu mengekspor imajinasi dan ide kreatifnya. Dalam kegiatan penelitian ini terdapat faktor faktor pendukung penelitian bisa terjadi karena keturunan, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah dan faktor penghambat yaitu anak masih merasa malu untuk bertanya, beradaptasi dengan viii teman sebaya, dan masih kurangnya anak untuk mengembangkan idenya sendiri walaupun sebenarnya mereka mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stimulasi, Ranah Kognitif, Kreativitas, Bermain
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:42
Last Modified: 25 Jul 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50586

Actions (login required)

View Item View Item