HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG
Latif Arham Yuhiro, 1401417403 (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat efikasi diri dan motivasi belajar sebagai pendorong/penggerak siswa dalam proses belajar yang diperoleh di dalam pembelajaran, sehingga siswa harus aktif di dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Kedua hal ini sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa agar lebih optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan efikasi diri siswa; (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa; (3) mendeskripsikan hasil belajar IPS; (4) menguji hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar IPS siswa; (5) menguji antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; (6) menguji hubungan antara efikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS; (7) menemukan besarnya kontribusi efikasi diri dengan hasil belajar IPS siswa; (8) menemukan besarnya kontribusi motivasi belajar dengan hasil belajar; dan (9) menemukan besarnya kontribusi efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 231 siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling dengan jumlah 122 siswa dari tiga sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket atau kuesuiner, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisa data, dilakukan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisa data dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efikasi diri siswa dalam kategori baik; (2) motivasi belajar siswa dalam kategori baik; (3) hasil belajar IPS siswa dalam kategori baik; (4) antara efikasi diri dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai rhitung 0,608; (5) antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh rhitung = 0,407; (6) antara efikasi diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh dengan rhitung = 0,677 (kategori kuat) dan berkontribusi sebesar 45,9% (7) efikasi diri berkontribusi sebesar 37% dengan hasil belajar IPS (8) motivasi belajar berkontribusi sebesar 16,6% dengan hasil belajar IPS; (9) efikasi diri dan motivasi belajar berkontribusi sebesar 45,9% dengan hasil belajar IPS. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat meningkatkan dan menumbuhkan efikasi diri dan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan perolehan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri; motivasi belajar; hasil belajar IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50585 |
Actions (login required)
View Item |