KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS ANTASARI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Nurul Khikmah, 1401416348 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS ANTASARI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416348 - nurul khikmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Antasari yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirumuskan masalah yaitu apakah dengan menggunakan model discovery learning dengan media tangram lebih efektif dibandingkan pembelajaran kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Antasari. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model discovery learning dengan media tangram terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Antasari. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Antasari. Hasil pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu siswa SDN 2 Sukorejo sebagai kelas eksperimen, siswa SDN 1 Sukorejo sebagai kelas kontrol, siswa SDN 4 Sukorejo dan siswa SDN 1 Kalipakis sebagai kelas uji coba. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Sedangkan variabel bebasnya adalah model discovery learning dengan media tangram. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis yang meliputi uji ketuntasan belajar, uji perbedaan rata-rata, dan uji peningkatan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dengan media tangram pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung dengan media gambar pada kelas kontrol. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 75% sedangkan kelas kontrol tidak mencapai 75%. Hasil uji t diperoleh nilai thitung (2,855) > ttabel (1,671) maka H1 diterima artinya rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen menggunakan model discovery learning dengan media tangram lebih dari rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol. Hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dan kelas kontrol sebesar 0,57. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan media tangram efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Antasari. Saran dari penelitian ini yaitu guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika dapat menerapkan model discovery learning dengan media tangram sehingga dapat mendorong siswa belajar lebih mandiri melalui penemuan konsep, terlibat aktif dalam pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning; tangram; matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:56
Last Modified: 25 Jul 2022 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50584

Actions (login required)

View Item View Item