PERAN TIM PENGGERAK PKK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT MASYARAKAT DI DESA GUNUNGLANGIT KECAMATAN KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA


Yadi Al Aman, 1201417079 (2021) PERAN TIM PENGGERAK PKK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT MASYARAKAT DI DESA GUNUNGLANGIT KECAMATAN KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417079 - Yadi Al aman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pola hidup bersih dan sehat adalah hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia dengan menerapkan PHBS masyarakat bisa menjadi kuat dan juga tidak gampang untuk jatuh sakit PHBS memiliki beberapa poin untuk dilaksanakan dan juga dilakukan. Di Desa Gununglangit PHBS sudah terlaksana dikarenakan adanya organisasi masyarakat beranggotakan perempuan yaitu PKK yang telah menjadi penyuluh, inisiator dan juga melakukan koordinasi dan monitoring dengan pihak terkait tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peningkatan PHBS yang dialami masyarakat dan juga faktor pendung dan penghambat yang dialami Tim Penggerak PKK dalam menjalankan tugas agar masyarakat mempunyai tingkat PHBS yang baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pengambilan lima orang sebagai sumber penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi, pada tahap analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh mengenai proses penerapan yang terjadi di masyarakat seperti adanya proses penyuluhan atau penyampaian informasi oleh tim PKK dan juga ada nya masalah apa yang menyebabkan masyarakat tidak bisa menjalankan PHBS dengan maksimal seperti masalah pendanaan dan juga adanya ketidaktahuan mengenai hal hal yang harus dilakukan agar proses PHBS bisa dilakukan secara maksimal dan juga kurangnya proses koordinasi di masyarakat agar permasalah yang mereka hadapi bisa terselesaikan Simpulan peningkatan PHBS di desa Gununglangit yang diupayakan oleh Tim Penggerak PKK yaitu : Masyarakat tidak melakukan PHBS dikarenakan adanya kekurangan informasi dan juga terkendala masalah pendanaan, program kerja PKK mengenai phbs berhasil dengan menggunakan metode penyuluhan dan juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait, faktor pendukung adanya dukungan dari pemerintah desa dan juga dinas kesehatan setempat faktor penghambat kurangnya koneksi ke pihak luar khususnya masalah sampah yang belum bisa didaur ulang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PHBS , PKK dan Peningkatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:47
Last Modified: 25 Jul 2022 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50582

Actions (login required)

View Item View Item