IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU-GURU GEOGRAFI YANG SUDAH MENDAPATKAN SERTIFIKASI SMP DAN SMA DI KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2009


Liya Yulekha, 3201405008 (2009) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU-GURU GEOGRAFI YANG SUDAH MENDAPATKAN SERTIFIKASI SMP DAN SMA DI KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU-GURU  GEOGRAFI YANG SUDAH MENDAPATKAN SERTIFIKASI SMP DAN SMA DI KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2009]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU-GURU GEOGRAFI YANG SUDAH MENDAPATKAN SERTIFIKASI SMP DAN SMA DI KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2009) - Published Version
Download (530kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan tenaga kerja yang profesional pada jenjeng usia dini, pendidikan dasar dan menengah. Proses belajar mengajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan, dan akan lebih mampu mengelola kelasnya. Guru yang sudah sertifikasi merupakan guru yang sudah diakui keprofesionalannya dan guru tersebut dituntut lebih baik dalam proses belajar mengajarnya. Dari latar belakang diatas maka masalah yang akan dibahas yaitu bagaimanakah proses belajaar mengajar geografi yang dilaksanakan oleh guru SMP dan SMA yang sudah tersertifikasi dan profil guru yang sudah tersertifikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses belajar mengajar yamg dilaksanakan oleh guru geografi SMP dan SMA di Kecamatan Ambarawa yang sudah sertifikasi mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dan mengetahui profil guru setelah disertifikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP dan SMA yang mengajar geografi di Kecamatan Ambarawa yang berjumlah 30 baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum tersertifikasi, terdiri dari 23 guru SMP dan 7 guru SMA. Variabel dalam penelitian ini yaitu profil guru geografi, proses belajar mengajar guru geografi yang sudah sertifikasi, dan guru yang sertifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, metode angket, dan wawancara. Uji coba instrumen digunakan untuk mencari validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar guru yang sudah sertifikasi termasuk dalam kategori sangat baik (82, 54%). Ditinjau dari persiapan yang dilakukan oleh guru yang meliputi silabus dan RPP masuk kriteria sangat baik (98, 44%), guru dalam membuat RPP dan silabus sudah mengikuti pedoman penyusunan dan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasarnya. Secara umum dalam proses pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat baik ( 85, 63%). Penggunaan media oleh guru yang sudah sertifikasi termasuk dalam kriteria baik (80,31%), dalam menggunakan metode masuk pada kriteria baik (78, 13%), dan sumber pembelajaran masuk kriteria sangat baik (83,59%). Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru termasuk dalam kriteria sangat baik (84,06%). Sedangkan proses belajar yang dilakukan oleh guru yang belum sertifikasi termasuk pada kategori baik ( 75, 65%). Dalam persiapan pembelajaran termasuk pada kategori sangat baik ( 92, 41%), pada proses pembelajaran termasuk pada kriteria baik ( 75, 43%). Penggunaan media guru yang belum sertifikasi termasuk pada kriteria baik (76, 07%), penggunaan metode pembelajaran masuk kriteria baik (76, 34%), dan pada sumber pembelajaran masuk kriteria baik (75,45%). Evaluasi yang dilakukan oleh guru yang belum sertifikasi termasuk dalam kriteria baik ( 77,86%). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar guru yang sudah sertifikasi termasuk dalam kriteria sangat baik yaitu mulai dari persiapan, proses dan evaluasi. Sedangkan proses belajar mengajar guru yang belum sertifikasi termasuk pada kriteria baik. Saran yang diberikan yaitu bahwa guru yang sudah sertifikasi supaya lebih meningkatkan kualitas proses belajar mengajarnya lebih baik dan banyak memperkaya ilmunya dan menambah pengetahuannya untuk memperkaya materi misalnya dengan melalui kepelatihan, seminar atau bimtek yang diadakan pemerintah atau lembaga lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Sertifikasi, Belajar mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 03:51
Last Modified: 25 Apr 2015 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item