ANALISIS KRIMINOLOGI MENGENAI BAHAYA PERGAULAN BEBAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAH LAKU REMAJA DALAM TINDAKAN KRIMINAL STUDY KASUS DI DESA PURWOREJO KABUPATEN PATI KECAMATAN PATI


ANA PURDIYANTI, 8111415143 (2021) ANALISIS KRIMINOLOGI MENGENAI BAHAYA PERGAULAN BEBAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAH LAKU REMAJA DALAM TINDAKAN KRIMINAL STUDY KASUS DI DESA PURWOREJO KABUPATEN PATI KECAMATAN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111415143 - Ana Purdiyanti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pergaulan bebas juga dikenal dengan istilah Juvenile delinquency. Menurut Kartini Kartono (2010: 6) mengatakan bahwa Juvenile delinquency ialah perilaku jahat / kenakalan anak-anak muda ; merupakan gejala sakit (patologis) secara sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial sehingga mereka mengembangkan bentuk tingkah laku yang menyimpang. Beberapa anak yang terlanjur masuk dalam pergaulan bebas berpotensi untuk melakukan tindak kriminal seperti halnya mencuri, tawuran, membegal, pemerkosaan, penganiayaan serta pembunuhan dan lain-lain. Mencermati fenomena tersebut penulis mencoba mengakaji dari berbagai literatur dan kajian berkaitan dengan bahaya pergaulan bebas dan pengaruhnya terhadap tingkah laku remaja dalam tindakan kriminal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai (1) Apa bahaya dari pergaulan bebas remaja serta faktor pendorongnya di Desa Purworejo Kabupaten Pati Kecamatan Pati? (2) Bagaimana korelasi bahaya pergaulan bebas dengan tingkah laku remaja dalam tindakan kriminal ( study kasus di desa Purworejo Kabupaten Pati Kecamatan Pati ) ? Penelitian ini menggunakan metode kriminologi pendekatan sebab akibat , dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bahaya dari pergaulan bebas remaja dalam study kasus ini yang menunujukkan bahwa karena pengaruh dari teman pergaulan yang salah sehingga melakukan tindak kriminal pencurian uang ATM milik keluarga, serta faktor yang mempengaruhi / mendorong pergaulan bebas remaja dalam study kasus ini meliputi faktor Internal dan Faktor Eksternal seorang individu. Terdapat korelasi antara bahaya pergaulan bebas remaja dengan tingkah laku remaja dalam tindakan kriminal. Simpulan, Terdapat korelasi antara bahaya pergaulan bebas remaja dengan tingkah laku remaja dalam tindakan kriminal. Berdasarkan kasus pencurian uang ATM keluarga di Desa Purworejo Kabupaten Pati Kecamatan Pati dimana seorang remaja melakukan tindak kriminal yaitu pencurian karena dipengaruhi oleh teman sepergaulan dan faktor lingkungan atau kebiasaan mencuri sejak kecil walaupun bukan barang yang berharga dengan orang orang sekitarnya yang apatis. Saran oleh penulis hal terpenting dalam pencegahan pergaulan bebas remaja adalah kepedulian dari keluarga dan lingkungan masyarakat terkait masalah remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pergaulan Bebas,Faktor Pendorong,Tindakan Kriminal
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:17
Last Modified: 25 Jul 2022 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50578

Actions (login required)

View Item View Item