PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOBA ANALISIS SOSIOLOGIS PENCEGAHAN TINDAK PIDANA NARKOBA DITRESKRIM NARKOBA POLDA JATENG


DENDI ENDRI RIYANTO, 8111412334 (2019) PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOBA ANALISIS SOSIOLOGIS PENCEGAHAN TINDAK PIDANA NARKOBA DITRESKRIM NARKOBA POLDA JATENG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111412334 - DENDI ENDRI RIYANTO.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “’Penaggulangan Tindak Pidana Narkoba Analisis Sosiologis Pencegahan Tindak Pidana Narkoba Ditreskrim Narkoba Polda Jateng’’. Latar belakang dari skripsi ini yaitu banyaknya kasus narkoba yang melibatkan masyarakat membuat kekhawatiran yang serius dalam generasi muda di Indonesia, oleh karena itu perlu adanya peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana dikalangan masyarakat untuk menghambat bahkan memusnahkan peredaran narkoba di kalangan masyarakat sebagai generasi bangsa kedepannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana narkoba di masyrakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana narkoba di masyarakat. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan atau status fenomena. Untuk lokasi penelitiannya sendiri yaitu di Polda Jateng. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana narkoba di masyarakat. Indikator penelitian: menyelenggarakan sosialisasi bahaya narkoba, Meningkatkan kesadara diri tentang bahaya narkoba di masyarakat, melakukan kampanye anti-narkoba. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari kepolisian. Metode analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah peran kepolisian dalam menanggulangi tindak pidana narkoba di masyarakat. sudah baik karena pihak kepolisian telah berusaha untuk memberantas peredaran dan pemakaian narkoba dikalangan masyarakat dengan melakukan sosialisasi yang berupa seminar, pencegahan, pembekalan tentang bahaya narkoba, Meningkatkan kesadara diri tentang bahaya narkoba di masyarakat. Kesimpulan: kepolisian sudah baik dalam mengantisipasi peredaran narkoba di masyarakat dengan melakukan sosialisasi di masyarakat dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seminar, pembekalan tentang bahaya narkoba, Meningkatkan kesadara diri tentang bahaya narkoba di masyarakat, Saran kepada kepolisian harus lebih ditingkatkan untuk menghentikan dan memusnahkan peredaran narkoba di masyarakat. Bagi orang tua lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih perhatian agar tidak terjerumus oleh pergaulan yang berimbas pada narkoba.. Bagi generasi muda harus berhati-hati dalam bergaul supaya tidak terjerumus oleh bahaya narkoba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan, Pencegahan, Tindak Pidana Narkoba, Narkoba, Polda Jawa Tengah
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:11
Last Modified: 25 Jul 2022 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50577

Actions (login required)

View Item View Item