Hasil Analisis Pencahayaan Ruang Perpustakaan Gedung E11 Sebagai Salah Satu Parameter Manajemen Energi Di Teknik Elektro UNNES


Dewangga Pratama, 5301414088 (2021) Hasil Analisis Pencahayaan Ruang Perpustakaan Gedung E11 Sebagai Salah Satu Parameter Manajemen Energi Di Teknik Elektro UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301414088 - Dewangga Pratama.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pencahayaan merupakan hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan visual. Ruang Perpustakaan Teknik Elektro Gedung E11 Universitas Negeri Semarang merupakan tempat yang sering dikunjungi untuk mencari referensi skripsi maupun referensi untuk tugas kuliah. Menurut SNI 6197-2011, mengenai konservasi energi pada sistem pencahayaan, perpustakaan mempunyai standar pencahayaan minimal 300 lux. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ruang perpustakaan Teknik Elektro Gedung E11 telah memenuhi standar SNI 6197-2011. Pembahasan dan analisis pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan simulasi komputasi. Dalam metode ini sudah dilakukan penyesuaian tahapan sesuai dengan batasan-batasan yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran setempat dan pengukuran umum pencahayaan alami hanya 10 % yang memenuhi standar SNI. Sedangkan adanya penambahan pencahayaan buatan memberikan peningkatan pencahayaan mencapai 47% hingga 57%. Hasil penelitian memberikan rekomendasi tata letak perabotan, penggantian lampu dan armaturee yang mampu menghasilkan pencahayaan lebih baik, lebih merata dan efisien. Tingkat pencahayaan pada meja baca A, B dan C tidak pernah mencapai nilai 300 lux. Berdasarkan hasil simulasi menggunakan DIALux Evo 9, tingkat pencahayaan tinggi didapat di area jendela yang dekat dengan lampu, sehingga pemindahan perabot difokuskan di area tersebut. Hasil simulasi dari pemindahan tata letak, penggantian lampu MASTER LEDtube T5 dan armature POWER BALANCE RC463B menjadikan semua titik pencahayaan yang diukur dapat memenuhi standar SNI 300 lux di tiga kondisi cuaca yaitu langit cerah (clear sky), rata-rata langit (average sky) dan mendung (overcast sky). Selain itu penggantian lampu MASTER LEDtube T5 dan armature POWER BALANCE RC463B juga memberikan dampak dalam efisiensi energi yaitu, untuk 26 Watt sebesar 76% dan untuk 16,5 Watt sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, tata letak perabot, perpustakaan, DIALux Evo 9
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:50
Last Modified: 25 Jul 2022 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50573

Actions (login required)

View Item View Item