IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA KURSUS KOMPUTER PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW DI LKP DIPCOM KUDUS


Najwa Fitria, 1201417064 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA KURSUS KOMPUTER PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW DI LKP DIPCOM KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417064 - Najwa Fitria.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dampak yang terjadi pada revolusi industri 4.0 yang disebabkan oleh banyaknya SDM yang tidak memiliki soft skill serta tidak mampu beradaptasi dalam revolusi industri 4.0, sehingga menyebabkan jumlah pengangguran meningkat. LKP Dipcom Kudus merupakan sebuah lembaga kursus dan pelatihan yang terfokus pada program komputer untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang mana dapat menciptakan SDM yang kompeten pada bidang yang dimilikinya melalui kursus komputer desain grafis coreldraw. Sehingga setelah peserta didik lulus dalam pembelajaran kursus dapat memperoleh pekerjaan maupun menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran serta faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang terdiri dari (1) direktur, (2) instruktur dan (3) peserta didik. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melewati observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan tringulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data memanfaatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran pada kursus komputer desain grafis di LKP Dipcom Kudus terdiri dari perencanaan yang memuat identifikasi kebutuhan, kelompok sasaran, materi pembelajaran kursus desain grafis, sumber belajar yang terdiri dari tutor yang sudah lulus uji kompetensi dan media serta sarana yang digunakan sudah memadai. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah dan demonstrasi. Pada pelaksanaan pembelajaran memuat kegiatan pembuka, inti dan penutup. Alokasi waktu pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta, pada privat terdiri dari 17 jam dan reguler terdiri dari 235 jam dalam per paket. Pada evaluasi terdapat post test, pre test, evaluasi saat pembelajaran sedang berlangsung serta uji kompetensi. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran berasal dari tutor, metode pembelajaran, fasilitas dan bahan ajar. Sedangkan faktor penghambat berasal dari faktor cuaca, manajemen waktu peserta dan kemampuan peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam implementasi pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Saran peneliti adalah melakukan penyaluran kerja baik pada program privat maupun reguler, instruktur mengeksplor metode pembelajaran lagi agar peserta didik dapat meningkatkan minat belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Kursus dan Pelatihan, Pembelajaran, Desain Grafis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:51
Last Modified: 25 Jul 2022 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50570

Actions (login required)

View Item View Item