PENERAPAN GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN VIRUS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Ain Amalia Rahmawati, 4401417045 (2021) PENERAPAN GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN VIRUS BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417045 - Ain Amalia Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Biologi merupakan mata pelajaran yang melibatkan proses saintifik dalam prosesnya sehingga membutuhkan model pembelajaran yang dapat mengaplikasikan proses saintifik salah satunya guided inquiry. Materi virus yang abstrak, tidak dapat dilihat langsung di kehidupan sehari-hari dan bersifat mikroskopik membutuhkan penghadiran secara visual bukan hanya verbal sehingga siswa dapat memenuhi kompetensi dasarnya yaitu menganalisis (C4) yang termasuk kategori berpikir tingkat tinggi. Dalam model pembelajaran yang dilaksanakan di SMA N 1 Lasem, guru belum mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah guided inquiry berbasis multiple representasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan guided inquiry pada pembelajaran virus berbasis multiple representasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan angket. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni pada kelas eksperimen sebesar 80,1 dengan ketuntasan klasikal mencapai 92% dan N-gain 0,46 kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai post-test sebesar 72,5 dengan ketuntasan klasikal 78% dan N-gain 0,24 kategori rendah. Hasil ini diperkuat dengan angket tanggapan siswa, tanggapan guru dan observasi keterlaksanaan pembelajaran yang memberikan respon positif dengan ≥ 75% kategori baik terhadap model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran virus berbasis multiple representasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan guided inquiry pada pembelajaran virus berbasis multiple representasi efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Virus, Multiple Representasi, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:59
Last Modified: 25 Jul 2022 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50568

Actions (login required)

View Item View Item