STUDI PERBANDINGAN KREATIVITAS DESAIN ASPEK TRANSFORMASI DAN VARIASI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNNES 2018 PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR


Ardiana Dwi Hapsari, 4201417070 (2021) STUDI PERBANDINGAN KREATIVITAS DESAIN ASPEK TRANSFORMASI DAN VARIASI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNNES 2018 PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417070 - ARDIANA DWI HAPSARI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Abad 21 merupakan era globalisasi yang ditandai dengan berkembang pesatnya teknologi dan informasi. Hal ini mewajibkan setiap individu untuk memiliki sebuah keterampilan. Keterampilan yang harus dimiliki salah satunya adalah kreativitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas desain produk aspek variasi dan transformasi mahasiswa Pendidikan Fisika 2018 UNNES dalam menghasilkan desain produk pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Penelitian dilakukan dengan berdasar pada teori Peter Nilsson tentang kreativitas desain produk. Analisis kreativitas desain produk dibagi ke dalam lima aspek yaitu imitasi, variasi, kombinasi, transformasi dan kreasi asli. Fokus pada penelitian ini adalah aspek variasi dan transformasi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dimana hasil analisis menghasilkan kesimpulan berbentuk deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 mahasiswa Pendidikan Fisika 2018 UNNES yang sudah mendapatkan materi fisika dasar. Penelitian dilakukan dengan memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk membuat desain dengan memvariasikan lonceng mekanik dan mentransformasikan menjadi listrik sesuai dengan kreativitas masing-masing. Setiap desain dinilai oleh mahasiswa dan peneliti menggunakan instrumen yang sudah divalidasi ahli, uji validitas dan uji reliabilitas. Data hasil penilaian digabungkan kemudian dianalisis menggunakan metode statistik sederhana sehingga diperoleh skor rata-rata. Hasil analisis kreativitas variasi dan transformasi mahasiswa dalam mendesain produk tergolong tinggi dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 5,4 dan 4,8 dengan skala maksimum 7,0. Namun, nilai yang diperoleh dari aspek variasi dan transformasi hanya memiliki selisih 0,6 saja, hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kesimpulan yang diperoleh yaitu kreativitas aspek transformasi lebih sulit daripada variasi pada mahasiswa Pendidikan Fisika 2018 UNNES

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Produk, Fisika Dasar, Kreativitas, Transformasi, Variasi.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:34
Last Modified: 25 Jul 2022 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50564

Actions (login required)

View Item View Item