PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SD NUSAPUTERA SEMARANG
Aulia Febranda Grata, 2404416002 (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SD NUSAPUTERA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan dimana saat ini masyarakat telah sadar akan pentingnya mempelajari bahasa asing, termasuk memasukkan bahasa Mandarin dalam kurikulum pendidikan. Namun kebanyakan perpustakaan sekolah hanya menyediakan buku paket pelajaran yang isinya kurang menarik seperti materi yang monoton, gambar dan kosakata yang kurang. Untuk itu perlu adanya Buku Cerita Bergambar “假期到了 Jiàqī dàole” (Liburan telah tiba) untuk menambah wawasan terkait pembelajaran bahasa Mandarin serta menambah minat membaca bahasa Mandarin khususnya siswa kelas VI SD Nusaputera. Siswa kelas VI merupakan masa awal untuk memahami bahasa asing karena dinilai tingkat pemahaman nya sudah optimal untuk memahami isi cerita. Tujuan dari Penelitian ini: 1) Mendeskripsikan kebutuhan pembaca terhadap buku cerita bergambar berbahasa Mandarin di SD Nusaputera untuk siswa kelas VI,2) Membuat prototipe pengembangan buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran bahasa mandarin di SD Nusaputera untuk siswa kelas VI, 3) Mendeskripsikan validasi ahli dan guru terhadap pengembangan buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran bahasa mandarin di SD Nusaputera untuk siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilakukan dalam penelitian yaitu (1) potensi dan masalah,(2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1) guru dan siswa menghendaki adanya buku cerita bergambar berbahasa Mandarin yang terdiri dari kosakata, dari segi cerita juga disesuaikan dengan cerita kehidupan sehari-hari yang mana didalamnya terdapat nilai budaya tiongkok, sehingga dapat menarik minat baca siswa, dan terdapat juga pesan moral dari dalam cerita tersebut yang dapat diambil dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. 2) Prototipe Buku Cerita Bergambar Berbahasa Mandarin dikembangkan dengan dua bagian meliputi (a) fisik buku yang terdiri dari bentuk, ukuran, dan desain buku; (b) bagian isi yang terdiri dari cerita, nilai budaya, pesan moral, kosakata dan profil pengarang. 3) Penilaian Aspek Kelayakan Isi memperoleh nilai rata-rata 88,70. Aspek Kelayakan Penyajian memperoleh nilai rata�rata 87,50. Aspek Kelayakan Bahasa memperoleh nilai rata-rata 86,00. Penilaian Ahli desain komunikasi visual memperoleh nilai rata-rata 87,28. Aspek keseluruhan 87,37 dengan skor 4 yang berarti media pengembangan sangat layak dan sesuai digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita bergambar, Jia Qi Dao Le, bahasa Mandarin, sumber belajar. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50561 |
Actions (login required)
View Item |