PERANAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA GUA PANCUR DI DESA JIMBARAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI


HENI FATMAWATI, 1201417049 (2021) PERANAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA GUA PANCUR DI DESA JIMBARAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417049_HENI FATMAWATI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Selatan yang terletak di desa Jimbaran kecamatan Kayen kabupaten Pati. Sebelum adanya pengelolaan, di gua tersebut sering disalahk gunakan oleh masyarakat sebagai tempat tawuran, tindak asusila dan pembalakan liar. Sehingga pemuda setempat mulai berinisiatif dalam mengelola objek wisata tersebut. Pada awal pengelolaan objek wisata tersebut mengalami penurunan yang menyebabkan Gua Pancur tidak terawat dengan baik, hal tersebut disebabkan karena pihak dinas Pariwisata dan masyarakat sekitar kurang bersinergi dalam pengelolaan. Sehingga membuat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat tergugah untuk mengembangkan kembali Gua Pancur sebagai objek wisata unggulan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ada di desa Jimbaran kecamatan Kayen kabupaten Pati. Subjek penelitian ada 6 orang yang terdiri dari ketua Pokdarwis, wakil ketua, 3 pengurus Pokdarwis dan 1 penasihat Pokdarwis sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah Pokdarwis melalui perananya sebagai motivator, penggerak dan komunikator dilakukan dengan pendampingan secara langsung kepada masyarakat untuk menumbuhkan sikap sadar wisata. Sedangkan pengelolaan yang dilakukan Pokdarwis dalam pelaksanaan progam melalui langkah-langkah perencanaan yaitu dilakukan dengan melihat kebutuhan progam, pengorganisasian dilakukan dengan membagi tugas dan tanggung jawab, pengarahan dilakukan secara langsung dari ketua ke anggota dan pengendalian berupa tata tertib dan himbauan untuk mengendalikan anggota dan pengunjung Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa peranan Pokdarwis dalam pengelolaan objek wisata Gua Pancur yang dilakukan melaui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian yakni membentuk suatu pariwisata yang terstruktur, memiliki tujuan dan terkendali. Hal tersebut berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat, adanya peningkatan kualitas hidup melalui pengetahuan yang diberikan dan terbentuknya lingkungan pariwisata yang kondusif. Saran dari peneliti untuk Pokdarwis yaitu agar dapat meningkatkan prioritas dan kemampuan dalam mengelola objek wisata sesuai dengan pembagian tugas yang telah diberikan kepada masing-masing anggota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan Pokdarwis, Pengelolaan, Objek Wisata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:22
Last Modified: 25 Jul 2022 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50560

Actions (login required)

View Item View Item