ISM AL- MA’RIFAH (NOMINA DEFINIT) BERKASUS GENETIF DALAM KITAB KHULASHOH NURUL YAQIN JUZ 2 KARYA UMAR ABDUL JABBAR (ANALISIS SINTAKSIS)


Dimas Kurnia Aji, 2303417027 (2021) ISM AL- MA’RIFAH (NOMINA DEFINIT) BERKASUS GENETIF DALAM KITAB KHULASHOH NURUL YAQIN JUZ 2 KARYA UMAR ABDUL JABBAR (ANALISIS SINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303417027 - Dimas Kurnia Aji.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembahasan ilmu nahwu sangat luas, salah satunya mengenai Ism Al�Ma’rifah (Nomina Definit) Berkasus Genetif. Peneliti memilih kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 karena banyak dijumpai berbagai macam Ism Al- Ma’rifah Berkasus Genetif sehingga dapat dianalisis untuk menyempurnakan pemahaman kita terhadap kitab tersebut dan diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengembangan pengetahuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Apa saja ism al�ma’rifah (nomina definit) yang berkasus jarr yang terdapat dalam kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 karya Umar Abdul Jabbar (2) Bagaimana fungsi sintaksis ism al-ma’rifah (nomina definit) yang berkasus jarr yang terdapat dalam kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 karya Umar Abdul Jabbar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa Ism Al- Ma’rifah (Nomina Definit) Berkasus Genetif dengan sumber data kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode distribusional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 terdapat sekitar 430 data Ism Al- Ma’rifah (Nomina Definit) Berkasus Genetif. Peneliti mengambil 100 data sampel dengan teknik purposive sampling (1) jenis Ism Al- Ma’rifah (Nomina Definit) Berkasus Genetif terdiri atas 26 data jenis ism ‘alam, 15 data jenis ism dhamir, 1 data jenis ism isyarah, 1 data jenis ism maushul, 41 data jenis ism al-mu’arraf bi al, 16 data jenis ism al-mudhafu ilal ma’rifah. (2) Fungsi Ism Al- Ma’rifah (Nomina Definit) Berkasus Genetif terdiri atas 43 data sebagai majrur yang di jarr kan dengan harf jarr, 41 data sebagai majrur yang di jarr kan dengan idhafah, 16 data yang berfungsi sebagai majrur yang di jarr kan dengan attawabi’ yaitu 9 data sebagai na’at dan 7 data sebagai ‘athaf (ma’thuf).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sintaksis, Ism Al- Ma’rifah, I’rab Jarr, Kitab Khulashoh Nurul Yaqin.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:09
Last Modified: 25 Jul 2022 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50559

Actions (login required)

View Item View Item