PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) PUTRA BANGSA DEMAK


Irfan Ramadhan Nurdiantoro, 1201414028 (2021) PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) PUTRA BANGSA DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201414028 - Irfan Ramadhan Nurdiantoro.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada proses pembelajaran tutor menerapkan pendekatan andragogi untuk memberikan motivasi belajar bagi warga Belajar Program Paket C PKBM Putra Bangsa Demak. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan andragogi yang diterapkan di PKBM Putra Bangsa Demak 2) Hasil apa saja yang terjadi setelah tutor menerapkan pendekatan andragogi 3) Bagaimana kendala-kenadala dan cara mengatasi kendala-kendala yang terjadi didalam penerapan pendekatan andragogi di PKBM Putra Bangsa Demak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian data Kesimpulan dan Verifikasi. Lokasi penelitian berada di Perum Griya Bhakti Praja Blok, Blok A, 8, Mangunjiwan, Demak. Subyek penelitian meliputi, yaitu Kepala, 2 Tutor, 2 Warga belajar PKBM Putra Bangsa Demak. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, analisis data model interaktif.. Hasil penelitian menunjukkan tutor sudah dapat menerapkan pendekatan andragogi diantaranya yaitu lebih mengutamakan proses belajar, terdapat tujuan pembelajaran yang jelas, warga belajar berperan aktif, dan terdapat balikan dari warga belajar. Hasil dari penerapan pendekatan andragogi yaitu adanya peningkatan motivasi belajar warga belajar PKBM Putra Bangsa Demak meliputi warga belajar memiliki keinginan berhasil, adanya kebutuhan dalam belajar, memiliki rasa butuh untuk belajar, adanya cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam pembelajaran, terdapat kegiatan yang menarik, adanya lingkungan yang kondusif untuk belajar. Dalam penelitian ini terdapat faktor penghambat dan terdapat solusi yang berpengaruh terhadap penerapan andragogi. Simpulan, hasil dari penerapan pendekatan andragogi sudah baik, dapat dilihat dengan meningkatnya motivasi belajar warga belajar, namun perlu upaya untuk menekan faktor penghambat agar pembelajaran menjadi lebih efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Andragogi, Motivasi Belajar, Program Paket C.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:04
Last Modified: 25 Jul 2022 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50557

Actions (login required)

View Item View Item